berita DAERAH

Viral Muncul Sesosok Harimau di Gunung Wilis, BKSDA Pasang Camera Pengintai

Kediri, demonstran.com – Panthera Tigris Sondaica atau sebutan dari nama lain Harimau Jawa ini telah lama dinyatakan punah sejak 1980-an. Perburuan liar yang dilakukan secara masif serta perkembangan lahan pertanian yang mengurangi habitat binatang ini membuat populasi harimau jawa pada akhirnya punah.

Akan tetapi, beredar informasi jika keberadaan harimau jawa tersebut disinyalir masih ada. Hal ini seiring adanya laporan penduduk dari lereng Gunung Wilis, Jawa Timur yang sempat melihatnya.

Sementara itu, Komunikasi Perusahaan Perum Perhutani Kediri, Handoyo membenarkan terkait adanya informasi tersebut. Sebagai bagian dari wilayah kerjanya, Perhutani Kediri mengambil respon cepat dengan menjalin kerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur untuk menelusuri terkait kebenaran informasi temuan itu. “Pihak kami bersama BKSDA Jatim melakukan pemantauan di lokasi yang di tunjukkan oleh pelapor,” jelas Handoyo.

Menurut dia, pelaporan tersebut diterima dari salah satu warga yang melakukan aktifitas di petak 88c masuk di LMDH Gunung Ginunggung, Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Tulungagung. Saksi mengaku mengetahui seekor harimau berwarna kuning dengan motif loreng hitam, putih dengan jarak perjumpaan sekitar 7 meter dari lokasi berdiri.

Handoyo juga mengatakan, pihaknya bersama dengan BKSDA telah memasang alat pengintai di lokasi penemuan dan di beberapa titik sekitar lokasi. Alat pengintai dimaksudkan untuk melihat kebenaran laporan yang diterima. “Kami memasang sebanyak tiga alat di tempat yang dirahasiakan sejak kemarin,” katanya.

‘Pemasangan alat pengintai ini mampu bertahan selama tiga bulan. Secara berkala mereka akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kamera tersebut. “Untuk saat ini ada tiga kamera yang kami pasang, jumlahnya masih bisa ditambah lagi sesuai kebutuhan nantinya,” ujarnya.

Terpisah, Plh. Kepala BKSDA Jawa Timur Hartojo menghimbau kepada masyarakat apabila melihat sosok harimau segera melaporkan ke petugas terkait. “Kami melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap warga. Apa bila melihat segera melaporkan dan jangan mengganggu apalagi sampai menembak,” jelasnya.

Diketahui, Gunung Wilis adalah sebuah gunung berapi (istirahat) yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Wilis memiliki ketinggian 2.563 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan termasuk dalam wilayah enam kabupaten yaitu Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek.(glh)