POLITIK

Temukan 265 Lembar Surat Suara Rusak

Kediri, demonstran.com – Sebanyak 265 lembar surat suara untuk pemilihan anggota DPRD Kabupaten Kediri rusak. Kerusakan ini diketahui saat proses sortir dan pelipatan surat suara dilakukan di gudang penyimpanan logistik KPU Kabupaten Kediri di Gogorante, Kecamatan Ngasem selama tiga hari terakhir.
Ketua KPU Kabupaten Kediri, Sapta Andaruisworo mengatakan, kerusakan tersebut diakibatkan oleh tinta yang meluber, robek, terdapat noda atau titik dalam surat suara akibat percikan tinta, dan kabur atau gambar tidak jelas.
“Selama 3 hari sortir dan pelipatan surat suara DPRD Kab dari 110 kardus terdapat 265 dalam keadaan rusak,” ujarnya kepada Tabloid Demonstran, Rabu (27/2/2019).
Menurut Sapta, surat suara yang rusak tersebut akan dilaporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Jatim agar segera diganti.
“Dalam kurun waktu dekat ini akan kami laporkan ke KPU pusat untuk menindak lanjutinya,” ungkapnya.
Dijelaskan oleh Sapta, sejauh ini pihaknya masih menerima tiga surat suara saja yaitu DPRD kabupaten/kota, DPRD Provinsi, dan DPR RI. Sedangkan untuk surat suara DPD dan Pilpres masih belum terkirim.
“Dua surat suara tersebut belum kami terima. Sebenarnya Minggu ini harusnya sudah terkirim. Tidak tahu ya, apakah masih dalam proses cetak atau mendahulukan daerah lain. Sedangkan tiga surat suara yang telah kami terima ini targetnya dalam kurun 2 Minggu ini harus telah selesai sortir dan pelipatan surat suara,” terangnya.
Diketahui pada Pemilu 2019 di Kabupaten Kediri terdapat 5.511 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar luas di 344 Desa di wilayah Kabupaten Kediri. Sedangkan untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan kuota 2 persen surat suara tambahan, maka jumlah surat suara yang dibutuhkan di Kabupaten Kediri berjumlah 1.253.622 lembar surat suara.(glh/yy)