berita DAERAH

Tari Remo Pelestari Budaya Bangsa, Fotografi cermin sejuta warna 

Kediri, Demonstran- Selasa (13/8) tepatnya di Gedung Serbaguna Kodim Kediri. Kodim 0809 bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kediri, mengadakan lomba Tari Remo dan Lomba Fotografi tingkat SLTA sederajat dalam rangka Komunikasi Sosial kreatif se-wilayah Kodim 0809.
Mengangkat tema “Kedekatan TNI dengan Masyarakat, Sinergitas 3 Pilar dan Kebersamaan TNI dalam program Gotong royong.”
Untuk lomba tari ada 3 juri yakni dari Dinas pendidikan Kabupaten Kediri Dra.Anjar Siswanti,M.Pd dan Wahyu Nuryanti, S.Pd dari Institut Seni Indonesia dan Faruq, seniman tari. Sedangkan dari lomba fotografi ada dari Dinas kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Kediri Eko Priatno.T , dari fotografer R.Gatut imam Sumadi dan dari UNESA Rif’at Al Zuhaily .
Untuk peserta tari Remo ada 23 grup tari se-Kota dan se-Kabupaten Kediri.
Dalam Tari Remo menceritakan tentang  kegagahan pemuda dan pemudi yang tangkas dan tegas. Meski begitu, Tari Remo itu banyak sekali aneka gaya, sehingga pada saat lomba, peserta bebas untuk berkreasi.
Untuk hasil pemenang Tari Remo, juara 1 diraih SMKN 2 Kota Kediri (nilai 794), juara 2 dari SMAN 2 Kota Kediri (nilai 791), dan juara 3 dari SMAN Ngadiluwih (nilai 786).
Menurut PasiTer Kodim 0809 Kediri Kapten Inf Warsito, kegiatan ini untuk mengangkat budaya bangsa Indonesia, budaya leluhur yang harus dilestarikan. “Kita ketahui budaya kita mau tergerus dengan budaya Asing dan kita patut menjaga budaya dalam Negeri khususnya budaya Jawa yakni dengan kreativitas Tari Remo yang dilaksanakan pelajar- pelajar.” tegasnya.
Berlanjut dalam kegiatan lomba fotografi yang masuk nominasi ada 72 dari 29 SLTA sederajat yang tersebar se-Kota maupun Kabupaten Kediri dan diambil juara 1-3.  Untuk penilaian membutuhkan waktu 3 hari.
R.Gatut Imam Sumadi, salah satu juri lomba foto menjelaskan, penilaian ada 3 ketentuan yakni Tekhnik pengambilan foto / angle, keasliannya baik ketajaman, warna dan kontras, Tema Fota serta  Keunikan.
“Foto bisa menceritakan apa yang terjadi pada saat itu berdasarkan imajinasi yang tervisualisasikan, dimengerti dan dipahami saat pengambilan waktu pemotretan, hasil tanpa setting bersifat natural, angle nya juga bagus, dan sesuai tema yang diangkat sehingga pengamat bisa tahu maksud dari hasil foto tersebut tentunya fokus ke subyek yang telah ditentukan yaitu TNI,” ujarnya.
Sementara itu dukungan juga diberikan dinas pariwisata. Kegiatan ini adalah tentang kegiatan sosial hubungan keeratan antara TNI dan Masyarakat.
“Kami dari Dinas Pariwisata sangat mendukung sekali. Menambah pengetahuan masyarakat dan komunikasi masyarakat dalam momentum ini menunjukan adanya  sinergi TNI dan Masyarakat. Aspek kontennya dari aspek fotografinya terus mengasah kemampuan untuk fotografi yang bermutu pada generasi muda,” ujar Eko Priatno.T dari Dinas Kebudayaan dan  Pariwisata Kabupaten Kediri.
Untuk pemenangnya, juara 1 diraih oleh Reza Ardina. P dari SMAN Plemahan (nilai 458), juara 2 Abdi Robby. A dari  SMKN Ngasem (nilai 446) ,dan juara 3 Safira Aprilia dari SMAN Plemahan (nilai 425).
Diakhir acara, hadiah untuk para pemenang  diserahkan langsung oleh  Kasdim Kediri, Mayor Inf Joni Morwantoto. (dk)