berita DAERAH

Tari Kolosal Seribu Barong Tutup Pekan Budaya Kabupaten Kediri

Kediri, demonstran.com – Tari kolosal seribu barong sukses menyedot antusias masyarakat Kediri untuk berbondong-bondong menuju Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri.
Membludak, mungkin kata-kata ini tepat menggambarkan situasi kemarin yang terjadi di area tersebut,Sabtu (13/7).
Acara inipun semakin meriah karena melibatkan kurang lebih 4.000 penari barong yang tersebar luas dari penjuru daerah. Adapun beberapa daerah yang ikut tampil di antaranya mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Lampung, Ponorogo hingga Madiun.
“Pagelaran tari kolosal seribu barong ini dalam rangkaian Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri. Yang hadir ada seluruh pulau kecuali Papua. Ada perwakilan dari Medan, Bontang, Jawa hampir seluruhnya,” kata Wakil Bupati Kediri Masykuri dalam acara itu di area SLG Kabupaten Kediri, Sabtu.
Pihaknya sangat senang dengan acara ini, terlebih lagi banyak daerah lain yang ikut serta. Dengan kehadiran delegasi dari daerah lain itu, merupakan salah satu penyemangat, memberikan motivasi bagi Kabupaten Kediri sebagai bumi Panji.
“Ini dalam rangka ‘nguri-uguri’ (melestarikan). Kediri sebagai pusat cerita Panji, dimana cerita Panji sudah menjadi ‘memory of the world’ diakui dunia. Unesco menetapkan cerita Panji menjadi warisan budaya,” kata dia.
Terkait dengan pagelaran ini, Wabup mengatakan merupakan atraksi tarian barong, yang merupakan salah satu sempalan dari cerita Panji. Untuk melestarikan itu, pemkab mengadakan pagelaran tari kolosal seribu barong tersebut.
Sementara itu Yeni Yulia salah satu penonton seribu barong mengaku senang dengan acara yang disuguhkah oleh Pemerintah Kabupaten Kediri.
“Bagus ya saya rasa. Memperkenalkan peninggalan budaya leluhur. Saya berharap acara ini dapat terus terselenggara. Selain bagus dalam memberikan wadah hiburan. Seribu barong juga memberikan edukasi terhadap generasi penerus. Edukasi bahwa ini merupakan budaya yang dimiliki warga Indonesia khususnya jawa,” ungkapnya.(glh/dk/lib)