berita POLITIK

Supadi – Samsul Hadi Dapat Rekom PKB?

Kediri, demonstran.com – Jalan Supadi dan Samsul Hadi dalam mengikuti bursa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020 mendatang berangsur mulus.

Ini setelah DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kabarnya telah memberikan lampu hijau terhadap keduanya.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua DPC PKB Kabupaten Kediri Sentot Djamaludin. Sentot mengaku, jika dirinya bersama dengan Supadi dan Samsul Hadi kemarin, Selasa (14/1) pergi ke Jakarta untuk menemui ketua umum Partai PKB Muhaimin Iskandar untuk meminta restu dan usulan rekomendasi Supadi dan Samsul Hadi untuk maju di Pilbup Kediri pada 23 September 2020 ke depan.

“Iya Alhamdulillah, pada intinya Supadi – Samsul Hadi sudah mendapat lampu sangat hijau dari DPP. Ini (kemarin malam, red) saya sedang dengan Pak Ketum, bersama Pak Supadi dan Pak Samsul juga,” katanya saat dihubungi Demonstran.com, melalui telepon.

Sentot, membeberkan, jika DPP telah merestui terhadap dua bakal calon yang sebelumnya telah disodorkan oleh DPC. Termasuk meyakinkan Ketua Umum PKB atas usulannya itu yang sudah menjadi pertimbangan matang dengan tokoh-tokoh di Kabupaten Kediri.

Ditanya terkait pendapat Ketua Umum Muhaimin Iskandar, secara tersirat dua calonnya itulah yang akan direkomendasi. Namun secara tersurat pihaknya belum menerima. “Tapi Ketua Umum sudah merestui, artinya dengan ini dipastikan beliau akan menurunkan rekomendasi,” bebernya.

Disinggung terkait tidak adanya penjaringan di tingkat internal partainya, Sentot menegaskan bahwa pihaknya telah lama melakukan proses panjang pengusulan ini. Ia hanya mengusulkan satu pasangan saja karena tak ingin mengecewakan kandidat lain. “Karena yang mendapat rekomendasi satu, jadi saya tidak mungkin mengecewakan banyak orang. Dan sayapun yakin, bila elektabilitas kedua nama calon ini sangat besar dan itu juga menjadi pertimbangan kami untuk mengajukan Supadi – Samsul Hadi,” tegasnya.

Sedangkan disinggung soal koalisi, Sentot memastikan dua partai telah merapat dengan partainya. Yakni PAN dan Gerindra. Bahkan Ketua DPC PAN Kabupaten Kediri Muhaimin juga ikut bersamanya mengajukan Supadi. “Kemarin juga telah mendapat restu dari Gerindra, termasuk saya juga ketemu Pak Taufik, ketua PPP dan insyaallah juga merapat ke kita,” terangnya.

Artinya, secara komunikasi, Sentot menegaskan sudah fix empat partai berkoalisi mendukung pasangan Supadi dan Samsul Hadi. “Untuk PPP tinggal menunggu adanya ketua umum mereka. Tapi sejauh ini kita tetap intensif membahas ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, jumlah kursi Partai PKB dalam Pemilu 2019 kemarin memperoleh 9 kursi. Alhasil, untuk dapat mengusung calon bupati maupun wakil bupati, partai berlambang bola dunia yang dikelilingi 9 bintang ini perlu berkoalisi setidaknya dengan satu partai lagi. Sebab, syarat untuk bisa mengusung calon adalah minimal 20 persen dari jumlah kursi parlemen. Atau bila dihitung adalah partai yang memiliki 10 kursi di parlemen.

Diketahui, dari hasil penetapan suara KPU Kabupaten Kediri, PDIP mendapatkan 15 kursi, disusul PKB 9 kursi, Partai Golkar 6 kursi, PAN 5 kursi, Gerindra 5 kursi, Partai Nasdem 4 kursi, Partai Demokrat 3 kursi, PPP mendapat 2 kursi dan PKS 1 kursi. Dari hasil ini, Partai hanya Partai PDIP yang dapat mengusung calon bupati maupun wakil bupati tanpa harus berkoalisi.(glh)