berita DAERAH POLITIK

Soal Wawali, Nasdem Bakal Ajukan Calon Sendiri

Kediri, demonstran.com -:Suhu politik di Kota Kediri beranjak memanas berkaitan dengan pengisian jabatan Wakil Walikota Kediri yang saat ini tengah kosong pasca ditinggal pergi almarhum Lilik Muhibbah pada 15 Februari 2020 lalu.

Bagaimana tidak, kedua partai pengusung pasangan Abdullah Abu Bakar – Lilik Muhibbah pada Pilkada 2015 kemarin yakni PAN dan Nasdem dikabarkan bakal memunculkan calon masing-masing untuk menempati kursi strategis sebagai AG 2.

Seperti dikatakan oleh Nafis Kurtubi, selaku Ketua DPD Partai Nasdem Kota Kediri. Ia mengaku jika Partai Nasdem akan memunculkan calon sendiri pada bursa pengisian jabatan sebagai Wakil Walikota Kediri.

Menurut Nafis, hal tersebut dinilai wajar, karena sebagai partai pengusung, Partai Nasdem juga mempunyai kesempatan yang sama untuk mengajukan nama calon.

“Saya rasa merupakan hal wajar jika Nasdem akan mengajukan calon sendiri. Mengingat, Walikota Kediri yang jadi saat ini ialah dari Partai PAN. Jadi untuk adilnya ya Wakil Walikota-nya dari Partai Nasdem,” katanya kepada Demonstran.com saat dihubungi melalui telepon, Senin (6/7).

Disinggung mengenai nama calon yang akan dimunculkan oleh Partai Nasdem, Nafis lebih memilih irit berbicara atau enggan menjawabnya untuk saat ini.

“Nanti saja saya umumkan, semua kader di Partai Nasdem memiliki khans untuk maju. Nantilah, biar menjadi kejutan. Karena Nasdem kan identik dengan sebuah kejutan,” ungkapnya.

Sementara itu, PAN juga diketahui bakal memunculkan calon sendiri. Mengingat di internal DPD PAN Kota Kediri juga dalam waktu dekat bakal membuka penjaringan nama calon melalui kadernya yang berkeinginan untuk maju di bursa pengisian kursi jabatan sebagai Wakil Walikota Kediri.

Seperti yang diutarakan Ketua DPD Partai PAN Kota Kediri, Abdul Bagi. Jika pihaknya akan melakukan rapat harian sekaligus dalam gelar rapat tersebut bakal dilakukan penjaringan calon yang memiliki sahwat untuk maju.

Dikatakan oleh Abdul Bagi, meski rapat harian belum dilakukan, namun dirinya mengaku telah ada dua nama yang telah secara terang-terangan mengajukan diri untuk berniat menjadi Wakil Walikota Kediri. Kedua nama tersebut ialah Reza Darmawan dan Agus Pujiadi.

“Kedua nama tersebut merupakan kader dari DPD Partai PAN. Meski demikian rapat harian akan dilakukan setelah masa pandemi corona di Kota Kediri benar-benar reda,” ungkapnya.

Sementara itu di kubu Partai Nasdem mencuat nama seperti Ketua DPD Partai Nasdem Nafis Kurtubi hingga Choirudin Mustofa selaku Sekretaris DPD Partai Nasdem Kota Kediri juga dikabarkan memiliki kandidat kuat untuk maju mengisi kursi jabatan yang tengah kosong tersebut.

Sementara itu, berdasarkan regulasi yang mengatur, dalam pengisian kursi jabatan Walikota Kediri yang berhak untuk memunculkan calon ialah dari partai pengusung. Sedangkan bila kedua partai pengusung memiliki calon masing-masing, maka yang berhak memutuskan siapa pengganti atau pengisi jabatan tersebut ialah Anggota DPRD melalui Paripurna.(glh)