berita POLITIK

Setelah PKB, Kini Giliran PAN Jatuhkan Rekom Untuk Dhito

Kediri, demonstran.com – Setelah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), kini giliran Partai Amanat Nasional (PAN) yang telah menjatuhkan surat rekomendasi (SK) untuk calon pemilihan bupati Kediri yang akan diusung pada kontestasi Pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang.

Dalam surat rekomendasi tersebut partai berlogo matahari putih itu menjatuhkan pilihannya kepada Hanindhito Himawan Pramono yang notabene adalah putra dari Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung.

Sementara itu, terkait turunnya SK inipun juga dibenarkan oleh Ketua DPD Partai PAN Kabupaten Kediri Muhamimin.

“Betul, benar, SK tersebut jatuh ditangan Hanindhito Himawan Pramono dan yang menyerahkan terkait SK tersebut adalah Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan di Jakarta,” katanya saat dikonfirmasi Demonstran.com melalui telepon.

Kendati demikian, Muhaimin mengaku, jika DPD hingga detik ini masih belum menerima salinan surat rekomendasi tersebut termasuk belum tahu siapa wakil yang akan mendampingi Hanindhito Himawan Pramono di bursa pemilihan bupati Kediri.

“Soal salinan itu kami belum terima termasuk siapa wakil Hanindhito. Karena semua prosesnya langsung di DPP”.

“Tapi pada intinya kami akan ikuti perintah dari DPP. Sembari menunggu salinan surat rekomendasi tersebut agar lebih jelas. Sebenarnya kemarin sih kita mau ke Jakarta, tapi terkendala transportasi masih sulit. Ya akhirnya tertunda-tunda. Kita sifatnya menunggu perintah,” ungkapnya.

Disinggung mengenai calon wakil bupati yang akan mendampingi Dhito, Muhaimin menyebut partainya menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada Hanindhito. PAN sendiri tak mengajukan nama calon wakil bupati.

Sedangkan diketahui, dengan merapatnya PAN, kini Hanindhito telah secara legal mengantongi dua surat rekomendasi partai politik setelah PKB telah terlebih dahulu mengeluarkan surat rekomendasinya untuk Hanindhito.

Dengan mendapatkan dua rekomendasi dari partai ini, secara otomatis Hanindhito dapat secara sah mendaftarkan dirinya sebagai kandidat calon bupati Kediri, karena telah memenuhi syarat minimal dukungan dari jalur partai politik yang diketahui cukup mengantongi minimal 20 persen kursi dari total jumlah kursi parlemen yang ada di Kabupaten Kediri yang diketahui berjumlah 50 kursi.

Karena berdasarkan perolehan jumlah kursi parlemen, PKB memiliki 9 kursi parlemen sedangkan PAN memiliki 5 kursi.(glh)