berita DAERAH

Sembelih Hewan Kurban dengan Cara Hipnotis

Kediri, demonstran.com – Dokter Hewan, Pujiono selaku Kasi Kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat (Keswan Kesmavet) Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kota Kediri memberikan tips bagaimana cara menyembelih binatang kurban khususnya kambing dengan benar dan mudah, tentunya tidak menyakiti dari hewan kurban tersebut.
Cara yang ia lakukan itu ia sebut dengan istilah hipnotis. Dengan hipnotis, maka akan memberikan efek tenang terhadap hewan kurban tersebut pada saat hendak disembelih. Hasilnya, binatang kurban mudah untuk disembelih dan berdampak pula pada kualitas daging yang tidak berbau serta terasa enak saat dikonsumsi.
“Saya menyebutnya teknik ini dengan sebutan hipnotis. Itu akan membuat kambingnya nyaman, terus ada frekuensi dan resonansi kita sebagai penyembelih terhadap kambing sehingga merasa tidak disakiti,” tuturnya, Minggu (11/8/2019).
“Kalau pun kita sembelih biasanya, kambingnya seneng darahnya stabil dia dipotong terasa nyaman. Nanti aroma dagingnya kata orang jawa tidak lebus,” kata Dokter Hewan Pujiono.
Teknik tahapan penyembelihan dengan metode hipnotis pertama yang harus dilakukan adalah berdoa serta  menyiapkan hati dan mental.
Lalu cara selanjutnya ialah pegang dua kaki kambing pada bagian sebelah kiri baik kaki depan dan belakang. Lalu kedua tangan diangkat sehingga membuat kambing tersebut berada poda posisi rebahan. Setelah kambing pada posisi rebahan, kemudian tangan kanan memegang dagu pada kambing yang diarahkan ke atas lalu disertai dengan tangan kiri penyembelih memegang kaki kambing bagian depan sebelah kiri lalu kaki agak ditarik. Setelah itu barulah tutup mata kambing dengan daun telinganya.
“Kuncinya bisa terhipnotis kalau matanya tertutup, dengan memakai daun telinga. Kalau tidak punya daun telinga ditutup pakai alat atau pakai jari. Dengan cara tersebut, InsyaAllah kambing akan terasa nyaman dan mudah saat disembelih,” ucap dokter hewan Pujiono.(glh)