berita DAERAH

Ritual Bersih Dusun Katang Dan Kirab Budaya 2019

Kediri, demonstran.com – Masyarakat Desa Sukorejo khususnya Dusun Katang Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri menggelar acara Ritual Bersih Dusun Katang Dan Kirab Budaya dengan tema festival Budaya Ring Katang.

Kegiatan tersebut secara rutin digelar setiap tahunnya, sebagai wujud pelestarian seni budaya daerah sebagai sumber kekuatan kearifan budaya lokal serta sedekah bumi.

Pada tahun 2019 ini acara Ritual Bersih Dusun Katang dan Kirab Budaya digelar pada hari Kamis, 12 September 2019, acara ini, diikuti oleh para Pamong Desa, Seniman, Budayawan, masyarakat yang terdiri dari kumpulan cah gang ketoprak, komunitas seroja serta lor kali dan sebagian besar berasal dari para pelajar yang turut berpartisipasi.

Kegiatan Bersih Desa dan Kirab Budaya tersebut dengan Start di jalan Erlangga 4 di kediaman Kades Sudarmanto kemudian melintas di sepanjang jalan Erlangga menuju pertigaan Lapangan Katang, dan kemudian Finish di Punden Sukodono dan Makam Mbah Maeso.

Suwadi ketua panitia mengatakan bahwa acara ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun dan semua desa juga melaksanakan kegiatan seperti ini.

“Harapan kami dengan digelarnya acara bersih dusun ini bisa melestarikan kebudayaan yang ada di dusun Katang, dan tiap tahun bisa dilaksanakan dengan lebih tertib dan meriah,” ucap ketua panitia Suwadi.

Suwadi menambahkan dengan adanya Bersih Desa dan Kirab Budaya ini semoga kita semua senantiasa memiliki hati yang bersih, dijauhkan dari malapetaka dan marabahaya. Serta semoga lingkungan di Desa Sukorejo khususnya Dusun Katang selalu dinaungi rasa aman, nyaman dan tentram.

Dalam sejarah yang tertulis dalam Prasasti Kemulan, Dusun Katang Desa Sukorejo merupakan sebuah Kesatuan yang merupakan Pusat Pemerintahan Kerajaan Kediri di akhir masa Raja Kertajaya. Sehingga menjadikan Dusun Katang Desa Sukorejo makmur dan sejahtera pada kala itu.

Sudarmanto, Kepala Desa Sukorejo mengatakan, bahwa acara ini adalah hajat warga Desa Sukorejo. Selain itu tujuan dari Bersih Desa dan Kirab Budaya ini digelar adalah untuk melestarikan seni budaya daerah sebagai sumber kearifan budaya lokal.

“Acara ini bertujuan untuk melestarikan seni budaya lokal, menjalin silaturahmi antara seniman serta meningkatkan pemahaman kepada masyarakat tentang asal usul daerahnya yang merupakan kebanggaan dalam peleatarian bidaya daerah dan acara ini tiap tahun selalu digelar sebagai kegiatan sedekah bumi,” ucap Kades Sukorejo. (yy/*)