berita DAERAH PENDIDIKAN

Rencana Uji Coba Sekolah Dibuka Belum Dibahas Secara Resmi

Kediri, demonstran.com – Menjelang usulan dibukanya sekolah tatap muka, Kota Kediri juga sedang mempersiapkan hal tersebut. Usulan yang dilakukan oleh Gubernur Jatim ini hanya untuk kota/kabupaten di zona oranye, kuning, dan hijau saja.

Kota Kediri termasuk di zona oranye. Makanya, Kota Kediri juga termasuk kota/kabupaten yang mempersiapkan diadakannya sekolah tatap muka pada 18 Agustus 2020 mendatang. “Benar, untuk ujicoba SMA, SMK, dan SLB,” terang Kasi SMA dan PK-PLK Cabang Dinas Pendidikan (Cabdispendik) Kediri Chairul Effendi.

Ia menjelaskan bahwa ujicoba ini juga tidak dilakukan oleh seluruh SMA, SMK, dan SLB langsung pada 18 Agustus mendatang. Namun dilakukan di satu sekolah saja. Jadi ada satu SMA, SMK, dan SLB yang dijadikan percontohan.

Sekolah yang dituju di Kota Kediri saat ini masih direncanakaan yakni di SMAN 2, SMK PGRI 2, dan SLB Putera Asih. Namun hal ini juga masih dalam tahap perencanaan. Sehingga masih terus dilakukan penilaian terkait rencana tersebut dengan pertimbangan-pertimbangan yang ada.

Sementara itu, saat dikonfirmasi ke juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Kediri dr. Fauzan Adima menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada arahan dan pembahasan resmi dari pemkot. Namun ia tidak menampik bahwa ada berita yang menunjukkan arahan provinsi akan ada ujicoba. “Secara resmi belum dapat info,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa selain kegiatan belajar mengajar ini, GTPP Covid-19 Kota Kediri terus melakukan pemantauan di tempat lain. Seperti di tempat les atau lembaga bimbingan belajar (LBB) yang menurut laporan sudah melakukan tatap muka.

Kepala Dinas Kesehatan itu menjelaskan bahwa saat ini petugas juga terus memberikan imbauan agar sementara tidak melakukan tatap muka di dalam gedung terlebih dahulu. Terlepas ada surat rekomendasi dari orang tua untuk ikut les, atau tidak.(glh)