berita POLITIK

Rekom Golkar Dalam Pilbup Kediri Untuk Dhito?

Kediri, demonstran.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah DPD Partai Golkar Kabupaten Kediri, Sigit Sosiawan angkat bicara soal arah politik yang akan dilakukan oleh partai bersimbol pohon beringin di bursa kontestasi pemilihan bupati dan wakil bupati Kediri 2020.
Ia tak menampik terhadap kabar pemberitaan yang saat ini telah beredar jika empat partai besar di Kabupaten Kediri tak terkecuali Partai Golkar menyepakati jika pada Pilbup 2020 nanti akan mendorong nama Hanindhito Himawan Pramana sebagai calon bupati Kediri.
Dhito panggilan akrab Hanindhito Himawan Pramana, adalah anak Sekretaris Kabinet (Seskab) RI Pramono Anung, yang dijagokan PDI Perjuangan untuk maju di Pilkada Kabupaten Kediri 2020.
“Insyaallah begitu (Golkar mendukung pencalonan Dhito di Pilkada Kabupaten Kediri). Tapi rekom belum turun,” jelas Sigit kepada Demonstran.com, Kamis (19/3).
Langkah mendukung pencalonan Dhito kabarnya merupakan keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar.
“Kalau itu (alasan mengapa mendukung Dhito) DPP (Partai Golkar) yang tahu apa pertimbangannya pilih Dhito,” tutur Sigit.
Sigit sendiri memastikan partainya akan mengusung Dhito. Kini pihaknya tinggal menunggu surat rekomendasi resmi dari DPP Partai Golkar perihal bakal calon yang akan diusung di Pilkada Kabupaten Kediri 2020.
“Iya (tinggal menunggu rekomendasi resmi). Tapi rekomendasi kapan turun, itu yang kami belum tahu. Karena itu dari DPP kewenangannya,” paparnya.
Dukungan Partai Golkar untuk Dhito di Pilkada Kabupaten Kediri 2020 cukup mengejutkan. Pasalnya Dhito tidak pernah mendaftar sebagai bakal calon bupati maupun bakal calon wakil bupati ke DPD II Partai Golkar Kabupaten Kediri.
“Di DPD II (Dhito) tidak (mendaftar). Mungkin kalau nggak (mendaftar di) DPD I ya DPP,” pungkas Sigit.
Lebih lanjut, Sigit juga tak menampik, jika langkah Golkar untuk mendukung Dhito sebagai pencalonan bupati Kediri juga diikuti oleh beberapa partai lainnya seperti PDIP secara otomatis lalu PKB dan PAN.
Menurutnya, ke empat partai besar tersebut mempunyai sikap dan arah politik yang sama yaitu mendukung Dhito.
“Sebelumnya, petinggi masing-masing partai telah melakukan pertemuan dan menjalin komunikasi tentang arah politik. Disitu pada intinya ke empat partai ini setuju dan satu sikap untuk mendukung Dhito sebagai bupati Kediri. Sedakngkan siapa yang menjadi wakilnya, itu terus dilakukan komunikasi satu sama lain,” ungkapnya.
Untuk diketahui, jalinan komunikasi yang dilakukan oleh ke empat partai besar ini telah terlebih dahulu diutarakan oleh Sentot Djamaludi selaku DPC PKB Kabupaten Kediri. Dalam keterangannya, Sentot mengaku jika ke empat partai ini diantaran PDIP, PKB, Golkar dan PAN telah memiliki arah politik yang sama yakni menyepakati untuk mendorong Dhito sebagai calon bupati Kediri periode 2020-2025.(glh)
Sumber foto : surabaya.tribunnews.com