berita DAERAH

Ratusan Prajurit Brigif ‘Serbu’ Rusunawa Kota Kediri

Kediri, demonstran.com – Sebanyak 170 orang prajurit Brigade Infanteri (Brigif) Mekanis 16/Wira Yudha menyerbu Rusunawa di Kelurahan Dandangan, Kecamatan/Kota Kediri, Jum’at (13/9). Bukan adanya gangguan keamanan maupun misi khusus yang ada disana. Melainkan para prajurit ini tengah melakukan simulasi untuk latihan gabungan bersama Singapore Army Force (SAF) yang diberangkatkan pada Selasa (17/9) pagi.
Komandan Brigif Mekanis 16 / Wira Yudha Letkol Inf. Endra Saputra menjelaskan bahwa simulasi yang dilakukan di Rusunawa Kediri adalah persiapan sebelum melakukan latihan bersama (Latma) dengan tentara Singapura. “Latihan bersama antar negara Indonesia dan Singapura,” jelas Letkol Endra.
Dengan nama SAFKar Indopura (Singapore Army Force-Kartika Eka Paksi Indonesia-Singapura), Endra menjelaskan bahwa prajurit Brigif 16/Wira Yudha sedang melakukan Pra-Latma di pemukiman.
Memang, nantinya saat menjalani latihan bersama selama 10 hari kelak, Endra menjelaskan bahwa latihan akan dilakukan di pemukiman perkotaan. Maka dari itu, simulasi Pra-Latma ini juga dilakukan di gedung Rusunawa Kediri untuk menciptakan suasana perkotaan.
Simulasi dimulai sekitar pukul 13.00 WIB. Para prajurit Brigif Mekanis 16/Wira Yudha ini diturunkan di Jalan Kediri-Kertosono. Dari sana, para tentara ini berjalan sembari membawa senjata api menuju ke Rusunawa Kediri.
Mulai dari Tamtama, hingga Perwira diikutkan dalam Pra-Latma SAFKAR Indopura. Endra menambahkan bahwa untuk latihannya sendiri juga dipilihnya Rusunawa, karena memiliki kemiripan dengan lokasi latihan gabungan nanti. “Materinya serangan pemukiman, bagaimana kita mampu merebut bangunan dengan cepat dan mengurangi resiko jatuhnya korban dalam perang jarak dekat,” jelasnya.
Para warga Rusunawa, yang antusias melihat simulasi itu juga mengaku senang, karena dapat melihat aksi para tentara di Rusunawa meski hanya simulasi saja. “Jadi rame, anak-anak juga seneng, lihatnya,” terang Rini, 27, salah satu penghuni yang menonton simulasi tersebut. (glh)