berita PENDIDIKAN

PPDB SMP Sistem On Line di Kota Kediri Masih Bermasalah

Kediri, demonstran.com – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2019/2020 tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kediri sudah dibuka hari Senin (17/6/2019). Pendaftaran dilakukan secara online. Sedangkan untuk tahapan pendaftaran sekolah akan dilakukan selama tiga hari kedepan pada 17-19 Juni 2019.

Akan tetapi, dalam proses pendaftaran dihari pertama tersebut banyak timbul masalah yang membuat orang tua siswa pendaftar bingung dan kecewa. Penyebabnya ialah faktor Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak ter update pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Akibatnya proses pendaftaran online gagal karena data siswa tidak dilengkapi NIK.

Seperti yang dialami Sumarto (58) warga Jalan Setono No.139, Kelurahan Ngadirejo, Kota Kediri. Ia mengaku datang ke SMPN 2 Kota Kediri untuk menanyakan soal NIK yang tidak bisa terbaca komputer. Namun pihaknya justru diarahkan ke Dispendukcapil untuk segera mengurusi NIK tersebut.

“Ini tadi saya sudah mendaftarkan cucu saya melalui online yang dibantu oleh pihak sekolah. Dan ternyata belum bisa terdaftar lantaran NIK nya tidak terdeteksi oleh Dispendukcapil. Dan ini tadi saya berinisiatif untuk datang ke sekolah tujuan di SMPN 2 Kota Kediri bermaksud untuk menanyakan, namun saya justru disarankan untuk ke Dispendukcapil,” ujarnya saat ditemui Demonstran.com di pintu gerbang masuk Sekolah.

Hal senada juga dialami oleh Basuki, warga Lingkungan Bence, Kelurahan Pakunden, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Ia mengaku juga tak bisa mendaftarkan anaknya dengan alasan NIK yang tidak terbaca. “Saya juga tidak bisa mas. Hal inipun juga dialami beberapa peserta lainnya,” ujarnya dengan ekspresi wajah kecewa.

Sementara itu, Lilik Juwariah, Humas SMPN 2 Kota Kediri saat dikonfirmasi Demonstran.com mengaku permasalahan NIK tersebut bukan ranah pihak sekolah tetapi Dispendukcapil.

“Itukan ranahnya Dispendukcapil. Jadi bagi siswa yang bermasalah dengan NIK, kita arahkan ke Dispendukcapil agar segera mengurusnya,” ujarnya.

Sedangkan saat Demontran.com mencoba mendatangi kantor Dispendukcapil Kota Kediri di Jalan Supersemar Ngronggo Kota Kediri. Tim liputan Demonstran.com hanya dapat ditemui oleh staf TU Dispendukcapil Kota Kediri. Menurutnya, mengenai NIK sudah tidak ada sangkut paut dengan Dispendukcapil melainkan Dinas Pendidikan.

Terpisah, Drs Siswanto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri menghimbau agar seluruh peserta didik beserta wali murid agar tidak panik. Karena permasalahan dalam pendaftaran ini Dinas Pendidikan Kota Kediri telah berkoordinasi dengan pihak Dispendukcapil.

“Atas adanya laporan dan kejadian tersebut kami telah berkoordinasi dengan Dispendukcapil. Hasilnya, Dispendukcapil bakal menyeselesaikan segera soal NIK ini dalam waktu malam hari ini. Jika malam ini ternyata tidak selesai, maka opsi lain yang kita tempuh yakni menambahkan 1 hari lagi untuk dilakukan pendaftaran PPDB,” bebernya.(glh/dr)