berita DAERAH

Pesta Miras Oplosan, Empat Orang Meninggal Dunia

Kediri, demonstran.com – Dari enam orang pria yang menggelar pesta minuman keras (miras) oplosan, empat diantaranya meninggal dunia setelah mengalami muntah-muntah dan pandangannya kabur. Sementara dua orang lainnya masih dirawat di Rumah Sakit Kabupaten Kediri (RSKK).

Peristiwa tersebut bermula ketika pada hari Minggu, 13 September 2020 sekitar jam 18.30 WIB, mereka minum minuman keras di tempat kontrakan Eko yang ada di Dusun Butuh Desa Banjaranyar Kecamatan Gurah Kediri.

Kasubbag Humas Polres Kediri, AKP Iwan Setyo Budhi mengatakan keenam orang tersebut menggelar pesta miras di rumahnya Eko, warga Kambingan Kecamatan Pagu namun mengontrak rumah di Dusun Dukuh Desa Banjaranyar Kecamatan Gurah yang digunakan untuk mengoplos miras dan dijual tersebut.

“Keesokan harinya, pada Senin pagi, lima orang mengeluhkan mual, pandangan mata kabur, serta muntah, akhirnya kelimanya dibawa ke RSUD Pelem Pare Kediri,” jelas Kasubbag Humas Polres Kediri Iwan Setyo Budhi.

Keempat warga yang meninggal usai pesta miras oplosan tersebut, identitasnya yakni yang meninggal pertama, Suliswanto (35) dan Agus Setyawan (38) keduanya warga Desa Kambingan, meninggal pada hari Rabu di RSKK dan dimakamkan di TPU Desa setempat.

Sementara itu, Muji ( 39) warga Kecamatan Pagu dan Eko (40) warga Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri sudah meninggal pada hari sebelumnya, yang juga meninggal di RSKK.

Lebih lanjut, AKP Iwan Setyo Budhi menjelaskan kronologis kejadian 6 orang yang menggelar pesta miras oplosan hingga mengakibatkan 4 orang tewas dan 2 orang masih di rawat di rumah sakit.

“Pesta miras oplosan tersebut dilakukan di rumah Eko yang sudah disiapkan minuman oplosan sebanyak 10 botol kecil ukuran 600ml,” ucapnya.

Usai menggelar pesta miras tersebut, kemudian para korban pulang kerumahnya masing-masing. Dalam kurun waktu 2 hari, Empat orang meninggal dunia dengan gejala sakit dada sesak, penglihatan mata kabur, pusing dan sulit bernafas serta muntah muntah.

“Kasus tersebut langsung ditangani oleh Polres Kediri, dari 6 warga yang minum, 4 orang meninggal. Kebetulan peracik dan pembuat minuman oplosan juga ikut meninggal, sehingga otomatis kasusnya selesai. Namun demikian seluruh barang bukti miras oplosan, botol dan alat racik telah diamankan anggota opsnal Polres Kediri,” ungkapnya.(yy)