berita Olah Raga

Persik Kediri Butuh Konsistensi Untuk Naik ke Liga 1

Kediri, demonstran.com – Memasuki pekan ke 14 dalam lanjutan kompetisi Liga 2 Indonesia 2019 putaran dua. Persik Kediri masih kokoh di puncak klasemen sementara group Timur dengan perolehan 24 poin. Total poin ini diperoleh dari 6 kali memetik hasil kemenagan dan 6 kali hasil seri.

Tentu saja, mimpi bagi masyarakat Kota Kediri yang menginginkan tim kebanggaannya ‘Persik Kediri’ untuk bisa tampil di Liga 1 musim depan sudah semakin nyata. Mengingat jumlah pertandingan yang akan dilalui Persik Kediri tersisa 6 pertandingan lagi di babak penyisian.

Peluang Persik Kediri untuk maju ke babak selanjutnya itupun terbuka lebar. Karena 6 dari laga yang tersisa, 4 diantaranya adalah laga kandang bagi tim berjuluk Macan Putih. Dukungan dari ribuan suporter Persikmania akan menambah keuntungan bagi Persik Kediri terutama dalam menguatkan mentalitas bertanding dalam merebut kemenangan dari setiap laga kandang yang dijalani.

Diketahui, empat tim klasemen teratas nantinya akan mewakili masing-masing group baik wilayah Timur maupun Barat. Delapan tim yang terkumpul tersebut nantinya akan dibagi menjadi 2 group dengan sistem pertandingan home & away. Juara dan runner up group berhak lolos ke babak semifinal. Sedangkan pemenang dalam laga semi final ini dipastikan akan lolos ke liga 1. Bagi tim yang kalah di semifinal, mereka akan memperebutkan peringkat ketiga untuk lolos ke liga 1 musim depan.

Konsistensi, mungkin kata-kata ini tepat menggambarkan kondisi Persik Kediri saat ini. Permainan yang telah padu ditambah menjadi pemuncak klasemen sementara rasanya Persik Kediri tinggal menjaga ritme permainan saja. Perihal inipun juga dibenarkan oleh Budiardjo Thalib selaku pelatih kepala Persik Kediri. Ia mengaku, skuat besutannya hanya perlu menjaga konsistensi permainan dalam menjalani laga sisa pertandingan ke depan.

“Mudah-mudahan, konsistensi ini bisa terus kita jaga hingga akhir kompetisi. Saya sebagai pelatih hanya dapat berpesan kepada seluruh pemain agar senantiasa fokus dan fokus dalam setiap pertandingan. Karena saya tahu, ini akan berdampak pada hasil pertandingan ke depan. Intinya, kita tinggal menjaga keutuhan tim saja” ungkapnya.

Lebih lanjut, pelatih kelahiran asal Makassar ini mengatakan, jika laga sisa ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terutama laga kandang yang menurutnya raihan tiga poin sudah tidak bisa ditawar lagi.

“Sisa laga ini kebanyakan dimainkan di laga kandang. Kalau dibilang keuntungan, jelas ini keuntungan bagi kami. Maka dari itu, saya menargetkan empat laga kandang yang dimainkan di Stadion Brawijaya Kota Kediri harapannya kita dapat mengambil poin penuh,” terangnya.

Sementara itu manajer Persik Kediri Benny Kurniawan mengatakan, jika pihaknya memiliki target awal bagi skuat Persik Kediri yakni lolos di babak 8 besar terlebih dahulu.

“Realistis saja dulu. Untuk target awal kita harapkan Persik Kediri masuk 8 besar,” katanya.

“Selanjutnya, semua mengalir saja. Saya juga nggak mau terburu-buru (ndisiki Kerso), yang jelas kita mengamankan 4 besar dulu di group Timur. Bila Allah sudah berkehendak lolos Liga 1 kenapa tidak ?. Intinya tetap berdoa dan berusaha,” imbuhnya. (glh)