berita DAERAH

Perkenalkan Puspa dan Satwa Generasi Milenial, DLH Gelar lomba mewarnai 

Kediri, demonstran.com – Dalam rangka memperkenalkan dan membangun generasi milenial yang mencintai satwa dan lingkungan. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri gelar lomba mewarnai yang dilaksanakan di depan area Taman Hijau Simpang Lima Gumul (SLG), Kamis 7 November 2019.

Dalam acara ini diikuti sebanyak 160 siswa siswi tingkat TK se Kabupaten Kediri.

Mengambil tema ‘Membangun Generasi Milenial Cinta Puspa dan Satwa Untuk Indonesia Maju’. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DLH Kabupaten Kediri Putut Agung Subekti berharap, agar generasi milenial lebih peka dan mengenal terhadap ekosistem flora dan fauna terlebih mau untuk menjaga dan melestarikannya.

“Sesuai dengan tema yang diangkat, jadi kita mengharapkan kaum milenial outputnya kedepan dapat peka maupun peduli untuk mau melestarikan tumbuhan dan satwa yang tersebar luas Indonesia,” kata Putut.

Sebagai negara kepulauan yang memiliki 17.000 lebih pulau, Indonesia memiliki banyak spesies tumbuhan dan hewan serta ekosistem unik.

Lebih dari 25.000 jenis tumbuhan berbunga yang tersebar di berbagai bagian Nusantara meliputi 10 persen dari spesies tumbuhan berbunga dunia.

Selain itu, Indonesia memiliki sekitar 500 jenis hewan mamalia, sekitar 600 jenis reptil, kira-kira 1.500 jenis burung, kurang lebih 270 jenis amfibi, dan lebih dari 2.500 jenis ikan atau 45 persen dari seluruh jenis ikan di dunia.

Menyadari hal tersebut, sambung Putut, generasi muda alias milenial harus mengenali kekayaan keanekaragaman hayati Nusantara tersebut agar bisa ikut menjaga dan melestarikannya.

“Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional ini memang ditujukan untuk para milenial. Jadi, bagaimana kami dapat menumbuhkan kesadaran, kecintaan terhadap flora dan fauna Indonesia, terutama satwa liar yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Putut mengutarakan, sesuai dengan tujuan awal untuk memperkenalkan puspa dan satwa. Jadi obyek lomba mewarnai ini adalah berbagai ragam gambar bunga maupun hewan.

“Jadi obyek lukisannya adalah bunga dan hewan. Dengan hal ini diharapkan mereka mampu mengenal ragam bunga dan satwa yang ada di Indonesia,” imbuhnya.( Dk)