berita Pemerintahan

Pemkab Kediri Buka Lelang Jabatan Tiga Kepala OPD

Kediri, demonstran.com – Lantaran jabatan sejumlah kepala organisasi perangkat dinas (OPD) masih kosong, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri membuka pendaftaran seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama sejak satu bulan silam. Seleksi itu diperuntukkan untuk mengisi tiga jabatan kepala dinas yang saat ini mengalami kekosongan.
Berdasarkan data yang berhasil dihimpun oleh Demonstran.com, ada 14 orang yang mendaftar untuk memperebutkan posisi di jabatan eselon II-b tersebut.
Ada tiga jabatan yang akan dibuka untuk mengisi kekosongan kursi pada pengisian JPT Pratama. Seperti diutarakan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kediri Mohamad Solikin, jabatan yang akan diperebutkan adalah untuk Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik).
“Ini sudah masuk 14 orang untuk tiga pos yang ditawarkan tersebut,” kata Solikin saat dikinfirmasi Demonstran.com, Senin (14/10).
Total ada 14 pendaftar itu, lanjut Solikin, masing-masing terbagi atas empat di setiap jabatan.
“Masing-masing lowongan itu telah ada yang mengisi. Jadi dengan kata lain, kuota pendaftaran calon sudah terpenuhi,” ungkapnya.
Ditanya terkait nama-nama yang mendaftar, Solikin belum bisa menyampaikannya. Sebab, seleksi terbuka ini bukan hanya dari organisasi pemerintahan daerah (OPD) di lingkup pemkab saja. Di pengumuman  tertulis adanya seleksi JPT yang memang selain dikirim melalui surat ke semua OPD di Pemkab Kediri. Pendaftaran juga ke seluruh pemda di Jawa Timur.
Hal itu seperti syarat pada pengumuman lelang jabatan ini. Mereka yang ingin mendaftar syaratnya berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di Pemerintah Kabupaten Kediri atau Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur.
“Jadi sampai batas terakhir kita belum tahu darimana saja. Yang jelas ini (pendaftar) masih dari lingkup pemkab,” paparnya.
Lebih lanjut, Mohamad Solikin mengatakan, untuk tahapan pengisian kepala OPD ini telah memasuki tahapan kesehatan.
“Hasil seleksi pengumuman administrasi sudah pada 10 Oktober kemarin. Kini pengisian jabatan tersebut telah sampai pada tahapan tes kesehatan yakni selama 2 hari tanggal 14 – 15 Oktober 2019,” paparnya.(glh)