berita DAERAH

Pelaku UMKM Harus Punya Jaminan Perlindungan Dan Produknya Go Internasional

Kediri, demonstran.com – Dalam rangka memberikan pelayanan perlindungan bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Kediri, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sosialisasi terhadap pelaku UMKM akan pentingnya jaminan perlindungan.
Bertempat di kampung Labu Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jumat (29/11) acara ini dihadiri 100 orang yang merupakan pelaku UMKM se- Kabupaten  Kediri.
Perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan Kediri, Agus mengatakan untuk melindungi tenaga kerja yang bekerja di UMKM, BPJS Ketenagakerjaan memberikan jaminan perlindungan terhadap kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Bagi pelaku UMKM cukup dengan membayar biaya Rp 10.000 per bulan sudah akan tercover dalam program ini.
Bersamaan dalam acara ini, juga Ada pelepasan sosok ayah bagi pelaku usaha di kabupaten Kediri yakni Drs.Tunggul Adi Wiyono yang kini sudah purna tugas di Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Kediri.
Pada kesempatan ini, para pelaku UMKM menyambut sosok Tunggul dengan penuh kebahagian sekaligus haru. Pasalnya Drs. Tunggul selama ini dianggap sebagai sosok ayah yang terus memberi motivasi kepada seluruh pelaku UMKM di kabupaten Kediri.
Dalam sambutannya, Drs. Tunggul mengatakan dalam menghadapi era milenial, UMKM harus bisa  menembus tingkat Jatim dan menuju tingkat Nasional. salah satunya seperti Kelud Mandiri yang sudah bisa ekspor produknya.
“Pemerintah harus memperhatikan aspek legalitas, sehingga kedepannya para pelaku UMKM bisa menjual produknya dan dinikmati orang luar sehingga menjadi pundi pundi rupiah,” ungkapnya.
Sementara itu, Gatot Siswanto, owner  GTT (Gudangnya Tahu Takwa)  juga mengapresiasi Drs. Tunggul yang sudah dianggap sebagai sosok ayah dan pembina sejati di paguyuban UMKM di Kabupaten Kediri.
“Kami berharap mendapat pembina yang lebih baik dan  pelaku UMKM tetap kompak dalam suatu wadah. Dan rumah Kampung Labu adalah rumah kumpul para pelaku UMKM di Kabupaten Kediri agar terus termotivasi untuk maju.” kata Gatot.
Hal Sama diungkapkan Sujarno GD, Ketua Go sponsor Kediri Raya bahwa Drs. Tunggul telah berjasa memberi motivasi, semangat kepada para pelaku usaha di Kabupaten Kediri.
“Harapan kami semoga tetap solid antara pelaku UMKM dan kami dari perusahaan yang ada di Kediri. Selaku aktif promosi kepada masyarakat dan terus terjalin komunikasi seperti antara kami dengan GTT dan Ayah Tunggul.” Pungkasnya. (rs/dk)