berita DAERAH POLITIK

Partai Demokrat Ikut Usung Pasangan Dhito – Dewi

Kediri, demonstran.com – Satu demi satu partai politik pemilik kursi parlemen DPRD Kabupaten Kediri mulai merapat di pemenangan pasangan calon Hanindhito Himawan Pramono – Dewi Mariya Ulfa, dalam kontestasi pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2020.

Setelah enam partai politik terlebih dahulu merapat yakni terdiri PDIP, PKB, PAN, Gerindra, Nasdem, Dan Golkar. Kini giliran Partai Demokrat yang merapat.

Rekomendasi dari Partai Demokrat inipun disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Kediri, Yakub.

Menurut Yakub, surat rekomendasi tersebut turun pada Rabu 19 Agustus 2020, kemarin.

“Iya, betul-betul rekomendasi sudah turun dan diberikan langsung oleh Ketua Umum, Pak Agus Harimurti Yudhoyono,” kata Yakub.

Masih kata Yakub, surat rekomendasi tersebut tidak diterima Dhito, melainkan diterima oleh Dewi Mariya Ulfa sebagai calon Wakil Bupati.

Menurut Yakub, ada beberapa alasan Partai Demokrat untuk ikut mengusung pasangan Dhito-Dewi di Pilkada Kabupaten Kediri. Salah satunya karena Demokrat melihat pasangan ini memiliki visi-misi untuk memajukan Kediri.

“Jika kemudian kami dilibatkan dalam proses Pilkada ini, tentu kami bisa untuk kemudian berkolaborasi memberikan beberapa masukan yang mungkin sekiranya bisa diakomodir oleh Mas Dhito,” tuturnya.

Selanjutnya, Partai Demokrat berkepentingan menjadikan momentum Pilkada sebagai sarana konsolidasi dan untuk penguatan internal partai. Oleh karenanya, Partai Demokrat memilih untuk mengusung Dhito.

Dengan merapatnya Partai Demokrat, maka pencalonan pasangan Dhito-Dewi di Pilkada Kabupaten Kediri 2020 semakin kokoh. Pasangan tersebut kemungkinan besar menjadi calon tunggal di Pilkada.

Dengan merapatnya Demokrat, menjadikan pasangan Dhito-Dewi kini telah mengantongi rekomendasi tujuh partai politik. Mereka yakni PDI Perjuangan, PKB, PAN, NasDem, Golkar, Gerindra, dan terakhir Demokrat. Tujuh parpol ini memiliki 47 kursi dari total 50 kursi parlemen di DPRD Kabupaten Kediri.

Praktis tinggal dua parpol pemilik kursi parlemen yang belum menentukan sikap. Kedua parpol itu yakni PPP yang memiliki 2 kursi dan PKS 1 kursi.(glh)