berita POLITIK

Nasdem Merapat Ke Koalisi Mas Dhito – Mbak Dewi

Kediri, demonstran.com – Koalisi pasangan Hanindhito Himawan Pramono – Dewi Maria Ulfa dalam pesta demokrasi lima tahunan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kediri periode 2020 – 2025 kian mantap.

Nasdem Merapat Ke Koalisi Mas Dhito – Mbak Dewi

Bagaimana tidak, pasangan calon yang akrab disapa Mas Dhito – Mbak Dewi ini telah mendapat dukungan tiga partai besar seperti PDIP, PKB dan PAN sebagai kendaraan politiknya untuk maju di bursa pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Kediri.

Dan terakhir ini berhembus kabar jika pasangan Dhito – Dewi juga mendapatkan dukungan secara resmi oleh partai besutan Surya Paloh yakni Partai Nasdem.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Kediri, Lutfi Mahmudiono, membenarkan partainya mengusung pasangan Dhito -Dewi di Pilkada Kabupaten Kediri 2020. Surat rekomendasi dari DPP NasDem keluar belum lama ini.

“Iya, benar (NasDem merekomendasikan pasangan Dhito-Dewi),” ujar Lutfi kepada Demonstran.com Kamis (9/7/2020).

Meski telah secara resmi rekomendasi telah dikeluarkan, namun partai pemilik 4 kursi parlemen di DPRD Kabupaten Kediri itu tak mengetahui alasan DPP merekomendasikan pasangan Dhito-Dewi. Namun karena rekomendasi telah keluar, segenap pengurus DPD NasDem akan mematuhi keputusan tersebut.

Menurut Lutfi, NasDem menyerahkan sepenuhnya urusan bacawabup ke bacabup, dalam hal ini Dhito. Pihaknya pun tak keberatan setelah Dhito memilih Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Kediri, Dewi, sebagai pasangan.

“NasDem intinya menyerahkan (bacawabup) sepenuhnya kepada calon bupati. Jadi NasDem pada intinya menyerahkan kepada bakal calon bupati untuk mengajak ataupun menentukan siapa wakilnya,” kata Lutfi.

“Ya NasDem awalnya hanya satu untuk Mas Dhito. Kemudian karena Mas Dhito sudah memilih Mbak Maria (Dewi Maria Ulfa) ya otomatis (rekomendasi dari NasDem) satu paket,” lanjutnya.

Ia pun berharap, ditangan Dhito – Dewi, Kabupaten Kediri dapat semakin lebih baik.

Diketahui, dengan mendapatkan empat rekomendasi dari partai politik, secara otomatis pasangan calon Dhito – Dewi dapat secara sah mendaftarkan dirinya sebagai kandidat calon bupati dan wakil bupati Kediri karena telah memenuhi syarat minimal dukungan dari jalur partai politik yang diketahui cukup mengantongi minimal 20 persen kursi dari total jumlah kursi parlemen yang ada di Kabupaten Kediri yang diketahui berjumlah 50 kursi.

Berdasarkan perhitungan perolehan jumlah kursi parlemen yang didapat dari dukungan empat parpol ini, pasangan Dhito – Dewi memiliki total kursi parlemen sebanyak 33 kursi. Dimana PDIP memiliki 15 kursi PKB memiliki 9 kursi, PAN memiliki 5 kursi dan Nasdem memiliki 4 kursi.(glh)