berita Pemerintahan

Mengangkat Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Kediri Melalui Pekan Budaya dan Pariwisata

Kediri, demonstran.com – Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2019 telah dimulai. Acara yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Kediri ini bertujuan untuk memajukan pariwisata dan mengenalkan tentang budaya di kabupaten Kediri. Tak hanya itu, digelarnya acara tersebut juga untuk mengangkat perekonomian di wilayah Kabupaten Kediri.
Seperti disampaikan Bupati Kediri Dr.H.Haryanti Sutrisno dalam sambutannya bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh pemkab, dan diharapkan mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat.
“Banyak ragam acara yang dikemas dalam event Pekan Budaya dan Pariwisata ini. Mulai dari pawai mobil hias, tari kolosal seribu barong, hingga bazar UMKM yang digelar selama 7 hari dimulai pada hari ini 7-13 Juli,” kata Bupati, Minggu (7/7/2019).
“Diharapkan dengan agenda yang bersamaan serta continue ini mampu memberikan stimulus terhadap pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Kediri. Semakin banyak masyarakat yang datang dan berbelanja disini. Maka berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi lingkungan setempat,” ungkap Bupati Kediri.
Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri Krisna Setyawan mengatakan,event ini dibuka dengan Parade Budaya dan Pawai Mobil Hias di depan Kantor Pemkab Kediri,dan finish di Kawasan Simpang Lima Gumul. Peserta melakukan long march hingga tiba di titik finish yaitu di depan Kantor Bank Daerah SLG.
“Sebelum Parade Budaya dan Pawai Mobil Hias, masyarakat sudah bisa mengunjungi stand-stand Pameran Pariwisata, Budaya dan UMKM yang dipusatkan di Kawasan SLG. Untuk pameran ini akan berlangsung sepanjang kegiatan, sampai event ditutup,” ujarnya.
Masih di lokasi dan waktu yang sama, digelar pula Pagelaran Kesenian dan Pentas Kreatifitas, serta Kediri Street Food Festival. Dengan sajian tersebut, dipastikan event ini akan menyedot banyak wisatawan. Para foodies pun bisa menikmati berbagai makanan enak di satu tempat, tanpa susah payah mencari di luar kawasan.
“Tanggal 10 ada Pagelaran Panji ‘Rwa Bhineda Nunggal Rasa’ yang berlangsung di Candi Tegowangi, Kecamatan Plemahan. Acara dimulai sejak pagi, dan dipastikan sangat menarik,” ungkapnya.
Hari berikutnya, 11 Juli, digelar Seminar Budaya Panji Nusantara. Acara berlangsung di Ruang Kilisuci, Pemkab Kediri. Dilanjut dengan Pemilihan Putra Putri Batik pada tanggal 12 Juli, dan Pemilihan Duta Wisata Inu Kirana tanggal 13 Juli.
“Puncak Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri akan diramaikan dengan persembahan Tari Kolosal 1.000 Barong. Bagi penggemar wisata seni budaya, ini waktu yang tepat untuk berkunjung. Anda bisa merasakan langsung keseruannya di lokasi,” tandasnya.(glh/dk/lib)