berita KRIMINAL

Mencuri Spare Part Motor, Terancam Tujuh Tahun Penjara

Kediri, demonstran.com – Api Juni Bara Gumelar (24) warga Desa Sumberagung Kecamatan Wates Kabupaten Kediri diamankan Unit Reskrim Polsek Mojoroto diduga telah melakukan pencurian spare part sepeda motor di kios aksesoris motor, Jalan Penanggungan Kota Kediri, Selasa (26/11).
AKP Kamsudi, Kasubbag Humas Polresta Kediri, mengatakan bahwa petugas sebelumnya mendapat laporan dari Ahmad Yusuf (19)  warga Desa/Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri bahwa aksesoris motor yang ada di kios dicuri pelaku.
“Korban mengetahui kejadian pencurian tersebut dari pemilik toko yang berada di samping kiosnya. Pelaku melakukan pencurian pada Rabu, (20/11),” jelas Kasubbag Humas Polresta Kediri, Rabu (27/11).
Korban awalnya datang ke kiosnya setelah dihubungi oleh pemilik toko sebelah kios milik korban, bahwa gembok serta etalase dalam keadaan rusak. Begitu mendapat informasi, korban langsung memeriksa keadaan kiosnya. Setelah diperiksa, ada beberapa barang yang hilang.
Mengetahui kejadian tersebut, korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Unit Reskrim Polsek Mojoroto. Begitu mendapatkan laporan, Polisi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan  melakukan penyelidikan. Selama enam hari melakukan penyelidikan, akhirnya petugas berhasil menangkap pelaku.
“Begitu mendapatkan laporan terkait pencurian aksesoris motor, petugas langsung melakukan penyidikan dan selama enam hari pelaku sudah berhasil diamankan,” jelas AKP Kamsudin.
AKP Kamsudi menambahkan bahwa barang yang diambil pelaku dari kios tersebut di antaranya 16 buah aki motor, satu buah jok sepeda motor, satu buah swing arm, dan satu buah karburator.
“Pelaku sudah kita amankan dan masih kita lakukan pemeriksaan. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan   Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara,” ucapnya.(yy)