berita POLITIK

Masykuri Pendaftar Pertama Penjaringan Partai Nasdem

Kediri, demonstran.com – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mulai melakukan penjaringan kandidat yang akan bersaing pada Pilkada 2020 mendatang. Pendaftaran calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah itu dibuka Nasdem mulai 23 September-23 Oktober 2019.
“Hari ini DPD Partai NasDem Kabupaten Kediri membuka penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati 2020. Dalam penjaringan ini NasDem bersifat terbuka siapa saja yang ingin mendaftar bakal kami terima dengan terbuka,” kata Lutfi Mahmudiono Ketua DPD NasDem Kabupaten Kediri.
Lutfi mengatakan, jika NasDem akan mempertahankan prinsip tidak meminta mahar politik kepada bakal calon (balon) yang akan maju pada Pilkada 2020 bersama partai tersebut.
“Politik tanpa mahar ini tetap menjadi branding dan platform perjuangan Nasdem pada Pilkada 2020. Dengan jargon ini NasDem berkeinginan mencari pemimpin yang benar-benar amanah terutama dalam membangun Kediri menjadi baik dan maju,” ungkapnya.
Diungkapkan oleh Lutfi, jika Partai NasDem dalam Pilkada kali ini akan berkoalisi dengan 6 partai lainnya yakni PAN, PKB, Demokrat, PKS, PPP, dan Gerindra.
Selain sebagai prasyarat dalam memenuhi prosedur pengangkatan calon. Lutfi mengutarakan jika ketujuh partai ini memiliki tekad dan tujuan yang sama dalam Pilkada ke depan yakni membangun Kediri menjadi lebih baik.
Seperti diketahui, yang berhak mengusung calon dalam pilbup nanti, adalah partai atau gabungan partai yang memiliki setidaknya 20 persen suara. Bisa diartikan dengan memiliki 10 kursi partai di DPRD Kabupaten Kediri. Mengingat, keseluruhan total kursi di DPRD Kabupaten Kediri berjumlah 50 kursi.
Dengan syarat itu, hanya PDI Perjuangan yang bisa melenggang untuk melaju sendirian dalam mengusung calon bupati maupun wakil bupati tanpa berkoalisi lantaran memiliki 15 kursi. Sementara itu pemilik kursi terbanyak kedua adalah PKB dengan 9 kursi. PKB sendiri hanya butuh 1 kursi lagi untuk dapat mengusung calon. Sedangkan lainnya seperti GOLKAR 6 kursi, PAN 6 kursi, Gerindra  memperoleh 5 kursi, NasDem 4 kursi dan Demokrat 3 kursi, PPP 2 kursi dan PKS 1 kursi.
Sementara itu dihari pertama membuka penjaringan. Partai NasDem langsung kedatangan Drs. Masykuri (Wabup Kediri) menjadi pendaftar pertama bakal calon bupati (bacabup) Pilkada Kediri 2020 di Kantor DPC Partai NasDem Kabupaten Kediri. Kedatangan Masykuri diantar dengan puluhan anggota komunitas sepeda yang ia bentuk.
“Tujuan saya melalui Partai NasDem kami ingin berhikmat. Karena pemilihan kepala daerah melalui partai,” ungkapnya.
Selain itu semakin banyak berkomunikasi, maka semakin baik dalam membangun jaringan.
“Karena pikiran orang banyak lebih baik daripada pikiran seseorang,” jelasnya.
Diketahui, Masykuri yang saat ini menjabat sebagai wakil Bupati Kediri dua periode mengaku sudah banyak mengetahui permasalahan yang ada di Kabupaten Kediri baik yang sudah dikerjakan maupun yang belum, serta yang kurang baik.
Pengalamannya menjadi wakil bupati 10 tahun itu menjadikannya ia paham betul dengan apa yang akan dilakukan apabila terpilih dalam kontestasi 2020 tersebut.
“Tentu saja dengan dua periode menjabat sebagai wakil bupati Kediri selama ini menjadikan saya paham betul terhadap teritorial ini. Saya sudah menyiapkan beberapa program yang nantinya yang akan terapkan tentunya demi kemajuan dan kesejahteraan Kabupaten Kediri menjadi lebih baik lagi. Doakan saja,” tutupnya. (glh)