POLITIK

KPU Kediri Tambah Puluhan Ribu Surat Suara

Kediri, demonstran.com -‎ Pemilihan kepaladaerah serentak di 19 daerah di Jawa Timur berbeda dengan pemilihan kepaladaerah lima tahun lalu. Kondisi ini terutama terlihat pada logistik pemilihan yaitu jumlah pencetakan surat suara yang akan digunakan.Dalam pemilihan Bupati Kediri ini jumlah surat suara bertambah 2 ribu lembar selain 2,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Diakui Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Logistik Roni Juliarto, selain sosialisasi pasangan calon kesemuanya di biayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Namun teknis pengadaan logistik khususnya surat suara juga berbeda.

“Pada tahun sebelumnya dalam pemilihan, pencetakan surat suara sesuai dengan daftar pemilih tetap ditambah dua persen dari DPT. Namun tahun ini wajib ada tambahan lagi 2.000 lembar surat suara,” kata Roni Juliarto, Senin (26/10/2015).

Masih kata Roni, sejauh ini sesuai peraturan KPU (P-KPU) memang ada tambahan 2.000 lembar surat suara selain tambahan 2,5 persen dari jumlah pencetakan DPT.

Roni menambahkan, sejauh ini proses pengadaan logistik khususnya surat suara sudah dalam proses pengadaan dan nantinya rekanan harus tepat waktu dalam pencetakan untuk selanjutnya didistribusikan ketingkat bawah sebelum pencoblosan.

Setidaknya jumlah DPT saat ini sebanyak 1.207.704 orang. Sehingga total untuk jumlah surat suara yang dicetak berkisar 1.239.896 lembar. (BrtJtm)