berita DAERAH

KPU Kab. Kediri Anggarkan Maksimal Enam Cabup di Pilkada 2020 

Kediri, demonstran.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menganggarkan maksimal 6 calon bupati yang nantinya akan ikut dalam Kontestasi Pemilihan Bupati 2020 mendatang.

Seperti diungkapkan Anwar Anshori Komisoner KPU Kabupaten Kediri Divisi Teknis dan Penyelenggaraan. Menurutnya, keputusan tersebut diambil lantaran di Kediri hanya 1 Partai saja yang bisa mengusung Cabup secara mandiri yakni PDI Perjuangan.

“Pertimbangannya secara regulasi parpol boleh mengusung calon bupati hanya kalau memperoleh 20 persen dari perolehan kursi. Disini karena yang bisa mengusung Calon Bupati secara mandiri hanya PDIP maka dari itu kita hanya menganggarkan 6 Cabup saja. Kalkulasinya seperti itu,” jelasnya.

Anwar juga mengatakan, 6 calon yang telah dianggarkan tersebut tidak semuanya diusung oleh parpol melainkan ada juga yang dari jalur perseorangan.

“Adapun penganggaran yang telah kita ajukan nantinya akan dipergunakan untuk dua jalur yakni 3 pasangan calon yang diusung parpol dan 3 pasangan calon perseorangan,” katanya.

Dari kedua jalur tersebut menurut Anwar nantinya yang akan banyak memakan anggaran yakni dari jalur perseorangan, karena di jalur perseorangan akan ada proses verifikasi dukungan yang harus dilakukan KPU.

“Verifikasi dukungan ini yang menyerap anggaran banyak. Dari 1 calon perseorangan nantinya kurang lebih harus mendapatkan 78.000 dukungan. Dari jumlah itu nantinya harus di verifikasi. Sedangkan sistem Verifikasi nya melalui sensus. Jadi kita harus door to door untuk menanyai setiap orang yang telah di cantumkan dalam daftar dukungan. Itu yang nanti akan menyerap anggaran cukup banyak.” katanya.

Masih kata Anwar, kedepan apabila calon yang mengikuti kontesasi Pilbup lebih dari yang telah dianggarkan maka KPU Kabupaten Kediri akan melakukan revisi anggaran. “Kalaupun semisal lebih calonnya nanti, ya akan kita anggarkan ulang.” Pungkasnya. (glh)