berita DAERAH

KPU : Hasil Tes Kesehatan Cabup Kediri Memenuhi Syarat

Kediri, demonstran.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri telah menerima hasil pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada Kediri 2020 dari RSUD dr Syaiful Anwar Malang, pada Kamis (17/9). Pemeriksaan kesehatan telah dilaksanakan pada 15 – 16 September 2020 di rumah sakit yang ada di Malang tersebut.

KPU menyampaikan hasil pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan yang diusung sembilan partai ini yakni Hanandhito Himawan Pramono – Dewi Mariya Ulfa dalam rapat pleno penyampaian hasil pemeriksaan administrasi persyaratan calon, di kantor KPU Kediri, Kamis (17/9)

Komisioner KPU Kabupaten Kediri, Anwar Ansori mengatakan, hasil tes kesehatan pasangan bakal calon dinyatakan memenuhi syarat untuk melanjutkan tahapan Pilkada selanjutnya.

“Hasil pemeriksaan kesehatan peserta Pilkada di RSUD dr Syaiful Anwar secara umum baik, dan hari ini sekitar jam 19.00 WIB, sudah kita sampaikan kepada pasangan calon Bupati dan wakil Bupati,” ucap Anwar Ansori.

Anwar menyatakan, kesimpulan hasil pemeriksaan kesehatan peserta Pilkada tersebut ditetapkan oleh tim pemeriksa dari RSUD dr Syaiful Anwar.

Bacalon Bupati dan wakil Bupati Kediri dinyatakan memenuhi syarat, itu artinya bahwa nanti bakal pasangan calon ini akan mengikuti proses berikutnya. Nantinya akan dilakukan rapat pleno terbuka.

” Rapat pleno nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 19 September 2020, berkaitan dengan syarat calon yang hasil verifikasi syarat calon ini akan kita sampaikan di rapat pleno terbuka,” terangnya.

Lebih lanjut Anwar Ansori mengatakan jika nanti hasil dari rapat pleno terbuka semua syarat dinyatakan absah maka tidak perlu adanya perbaikan. Sehingga masuk tahap berikutnya yaitu penetapan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati.

“Tahapan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati akan dilakukan pada tanggal 23 September 2020,” lanjutnya.

Sementara itu calon Bupati Hanandhito Himawan Pramono mengatakan setelah melakukan serangkaian tes kesehatan selama dua hari sejak tanggal 15-16 September 2020 dan hasil tersebut merupakan persyaratan mutlak dalam pilkada. ” Dan hari ini hasil dari pemeriksaan sudah disampaikan oleh KPU Kabupaten Kediri, bahwa persyaratan kesehatan saya dan mbak Dewi dinyatakan memenuhi syarat,” ucap Dhito panggilan akrab Hanandhito Himawan Pramono.

Harapan kedepannya, kita bersama sama KPU untuk menunggu bagaimana peraturan kampanye ditengah pandemi covid 19 saat ini.

“Kita serba salah, karena jika kita mengumpulkan massa maka itu bertentangan dengan protokol kesehatan, namun jika kita tidak bertemu dengan masyarakat, kita tidak bisa bersosialisasi langsung dengan baik,” ungkapnya.(yy)