berita POLITIK

Koalisi Gerindra Usung Masykuri Dalam Pilbup Kediri?

Kediri, demonstran.com – Suhu politik jelang dilaksanakannya pesta demokrasi Pemilihan Bupati (Pilbup) Kediri 2020 semakin memanas.

Sebelumnya muncul klaim jika Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal membentuk koalisi istana dengan harapan ingin memunculkan calon tunggal di Pilbup Kediri.

Akan tetapi, baru-baru ini muncul adanya empat koalisi partai yang akan memupuskan harapan bagi partai bersimbol banteng moncong putih itu untuk memunculkan calon tunggal.

Empat partai yang digadang-kadang akan melakukan pembentukan koalisi baru tersebut ialah Gerindra, PPP, PKS dan Demokrat.

Seperti yang diungkapkan Arif Junaidi, Ketua DPC Gerindra Kabupaten Kediri. Arif mengakui pihaknya kini tengah menjalin komunikasi intens terhadap tiga partai tersebut.

“Itu harapan besar saya (terbentuk koalisi Gerindra, PKS, PPP dan Demokrat). Kini Partai Gerindra tengah intens berkomunikasi dengan partai-partai itu. Tapi pada nantinya tergantung teman-teman partai seperti apa ini masih terus kita komunikasikan, ,” ungkapnya.

Menurut Arif, jika pembentukan koalisi itu dilakukan untuk menciptakan perpolitikan yang sehat.

“Kami ingin Pilkada ini biar berjalan dengan harapan masyarakat. Ada pilihan-pilihan lah, nanti bagaimana ada Mas Dhito putra Bapak Pramono Anung dan ada calon lainnya lagi begitu,” kata Arif.

Dikatakan oleh Arif, Jika Partai Gerindra bakal mengusung nama Masykuri Ihsan sebagai kandidat bakal calon bupati Kediri.

Masykuri merupakan satu dari tiga sosok yang dinyatakan lolos fit and proper test dalam penjaringan yang dilakukan DPC Partai Gerindra Kabupaten Kediri. Sejauh ini dua sosok lainnya yakni Mujahid dan Supadi disebut-sebut tak akan melanjutkan pencalonannya karena beberapa faktor yang dialami masing-masing pihak.

Kini Masykuri tinggal melengkapi persyaratan administrasi yang diminta DPC Partai Gerindra Kabupaten Kediri. Persyaratan itu berupa nama bakal calon wakil bupati (Bacawabup) dan partai politik yang juga bersedia mengusung Masykuri di Pilkada.

Untuk Bacawabup, kata Arif, Masykuri telah menyodorkan tiga nama ke DPC Partai Gerindra. Mereka yakni Eks Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kediri Supoyo, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Kediri Mudawamah, dan Nur Aini.

“Untuk wakil siapa-siapa saja tak ada masalah. Ketiga calon yang disodorkan bagus semua. Soal calon, saya justru kembalikan ke Masykuri inginnya dengan siapa,” terangnya.

Sementara itu, Dodi Purwanto Sekretaris DPC Partai PDIP Kabupaten Kediri saat disinggung terkait adanya koalisi empat mengaku, jika pihaknya masih tetap optimis untuk berusaha menggandeng sejumlah partai untuk berkoalisi.

“Politik itu dinamis. Politik itu saya ibaratkan seperti pacaran. Janji-janji manis namun bisa untuk putus. Nah. Bisa dikatakan, sebelum janur kuning itu melengkung, PDIP masih tetap mencoba berkomunikasi dengan keseluruhan partai termasuk Gerindra salah satunya. Dan saat ini hubungannya juga baik satu sama lain”.

“Jadi lihat hasil akhirnya saja,” ungkapnya.(glh)