berita POLITIK

Kini Giliran Golkar dan Gerindra Merapat Di Koalisi Dhito

Kediri, demonstran.com – Menjelang dibukanya pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri yang dilakukan pada 6 September – 8 September 2020, kini dukungan dari jalur partai politik (Parpol) mulai mengemuka.

Ada setidaknya enam partai politik yang sudah secara terang-terangan mendukung salah satu bakal calon yang akan diusung dalam kontestasi lima tahunan tersebut.

Enam partai politik tersebut ialah PDI Perjuangan, PKB, PAN, NasDem, Golkar dan Gerindra.

Keseluruhan partai itu telah menyepakati nama Hanindhito Himawan Pramono (Putra Sekretaris Kabinet RI, Pramono Anung) sebagai bakal calon bupati dan Dewi Maria Ulfa (Ketua Fatayat NU Kabupaten Kediri) sebagai bakal calon wakil bupati.

Pasangan Dhito-Dewi ini memang telah secara legal di dukung oleh enam partai yang dibuktikan dengan turunnya surat rekomendasi dari masing-masing DPP partai politik. Hanya saja dari enam partai politik tersebut hanya dua partai yakni Golkar dan Gerindra dimana surat rekomendasi tersebut masih belum turun di tingkat DPD/DPC partai. Meski demikian, jajaran kepengurusan DPP telah menurunkan surat rekomemdasi tersebut.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Kediri, Sigit Sosiawan, membenarkan partai berlambang pohon beringin merekomendasikan Dhito di Pilkada Kabupaten Kediri. Hanya saja fisik surat rekomendasi belum turun ke DPD.

“Informasinya begitu, jadi sudah pasti (rekomendasi jatuh) ke Mas Dhito. Cuma sampai hari ini saya selaku Ketua DPD II belum dapat tembusan,” jelas Sigit saat dihubungi Demonstran.com melalui telepon, pada Kamis (23/7/2020).

“Tapi sempat saya tanya ke (pengurus DPD I Golkar) provinsi (Jawa Timur) juga menyampaikan sudah betul, benar. Hanya saja tembusan itu belum sampai ke saya,” lanjut Sigit.

Sigit tak tahu kapan surat rekomendasi dari DPP Golkar untuk Dhito diserahkan ke pengurus DPD II Partai Golkar Kabupaten Kediri.

“Hari Minggu saya diundang ke Jakarta, Hari Minggu besok saya ke Jakarta. Kemungkinan begitu (untuk mengambil rekomendasi), saya nggak bisa berandai-andai lah, saya nggak bisa,” tuturnya.

Tak hanya Partai Golkar yang memastikan mengusung Dhito, Partai besutan Prabowo Subianto yakni Gerindra juga dipastikan mengusung anak sulung Pramono Anung di Pilkada Kabupaten Kediri 2020.

Kepastian ini disampaikan Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad. Berdasarkan informasi yang diperolehnya, Gerindra dipastikan mencalonkan Dhito di Pilkada Kabupaten Kediri.

“Informasi yang kita dapatkan untuk Kabupaten Kediri memang Gerindra memutuskan untuk mendukung Dhito. Tapi memang secara formal kita belum mendapatkan. Surat itu, fisiknya belum kita terima,” ungkapnya.

Sementara itu, dengan merapatnya ke enam partai politik ini, praktis pasangan bakal calon Dhito-Dewi ini telah mengantongi 44 kursi dari 50 kursi di DPRD Kabupaten Kediri.

Rinciannya PDI Perjuangan memiliki 15 kursi di DPRD Kabupaten Kediri, PKB 9 kursi, Golkar 6 kursi, PAN 5 kursi, Gerindra 5 kursi, dan NasDem 4 kursi. Dengan 44 kursi ini,pasangan Dhito-Dewi berpotensi menjadi calon tunggal. Sebab hanya menyisakan tiga partai yakni Demokrat, PPP dan PKS.

Berdasarkan hitung-hitungan jumlah kursi sebagai syarat dukungan di jalur partai politik, dukungan dari ketiga partai ini tidaklah cukup untuk mengusulkan calon sendiri.

Demokrat memiliki 3 kursi, PPP 2 kursi dan PKS 1 kursi. Sedangkan syarat calon untuk maju di bursa pemilihan bupati dan wakil bupati Kediri harus mendapat dukungan minimal 10 kursi parlemen di Kabupaten Kediri.(glh)