berita DAERAH

Kemarau, Harga Sayuran Merangkak Naik

Kediri, demonstran.com – Satu di antara pedagang sayur-mayur di Pasar Setono Betek Kota Kediri,  Yudi Hanafi, menyampaikan bahwa saat ini harga sayur-mayur mulai merangkak naik, kenaikan ini disinyalir karena faktor musim kemarau.
Seperti komoditi kacang panjang, timun, terong, tomat hingga daun kemangi mulai menunjukkan kenaikan yang signifikan.
“Kalau timun biasanya Rp 4 ribu perkilogram sekarang Rp 8 ribu perkilogram. Harga terong yang biasanya kita jual Rp 4 ribu perkilogram sekarang Rp 10 ribu perkilogramnya,”ujar Yudi saat ditemui Demonstran.com dilokasi lapaknya, Selasa (9/7/2019).
Selain itu, Yudi juga menyampaikan, komoditi seperti kacang panjang juga mengalami kenaikan yang signifikan yakni dari Rp 5 ribu perkilogram kini menjadi Rp 10 ribu perkilogram.
Daun Kemangi yang sebelumnya dijual Rp 10 ribu perkilogramnya kini naik menjadi Rp 15 ribu perkilogram dan Tomat dari harga Rp 4 ribu kini menjadi 10 ribu perkilogram.
Yudi mengungkapkan, jika kenaikan itu berlangsung selama 2 Minggu terakhir ini. “Dari Pasar Grosir Kediri harganya sudah tinggi. Jadi masuk disini harganya seperti itu. Penyebabnya tak lain yaitu kurangnya stok sayuran akibat cuaca kemarau,” ungkapnya.
Sementara itu untuk komoditi lain juga mengalami kenaikan namun terbilang wajar. seperti kentang dan kubis. “Dua komoditi ini memang naik harganya. Namun kenaikannya hanya seribu hingga dua ribu rupiah saja yaknk harga kentang perkilogram dari Rp 12 ribu kini menjadi Rp 13 ribu. Sedangkan untuk kubis perkilogram dari Rp 6 ribu kini menjadi Rp 8 ribu,” paparnya.(glh/dr)