berita DAERAH

Kediri Hujan Angin, Tembok Rumah Warga Ambruk

Kediri, demonstran.com – Hujan deras yang terjadi di Kota Kediri pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIB (5/1) juga membuat dua rumah ambruk. Bukan karena angin kencang yang terjadi saat hujan, namun karena amblesnya tanah dan membuat tembok yang berada di seberang rumah jatuh, dan menimpa beberapa bangunan.

Hal tersebut terjadi di Gang 4 Kelurahan Tinalan, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Tembok dengan tinggi mencapai lima meter ini ambruk setelah pondasi di dalam tanah amblas. “Akumulasi terkena arus air sungai kecil, dan juga hujan,” ujar Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Kediri Bambang Rihadi.

Saat meninjau ke lokasi longsor, Bambang menjelaskan bahwa musibah yang terjadi juga diperkirakan karena hujan deras yang terjadi di Kota Kediri dengan intensitas yang tinggi. Ditambah aliran arus sungai yang melintas di sebelah utara tembok yang deras akibat hujan.

Bagian bawah tembok pun semakin rapuh ketika tergerus air. Lalu pada sekitar pukul 16.00 WIB, tembok jatuh ke arah utara. Menjatuhi ke bangunan, rumah dan pekarangan. “Bisa dilihat ambruknya langsung ke dua bangunan, dan dua-duanya tempat kos,” imbuh Bambang.

Akibat ambruknya tembok tersebut, dua orang mengalami luka-luka. Keduanya bernama Sigit, dan Sri Hartatik, 43. Keduanya dibawa ke Puskesmas Pesantren untuk dilakukan perawatan.

Bambang menjelaskan bahwa untuk sementara, pihak Tagana dan BPBD Kota Kediri melakukan pendataan, dan tindaklanjut seperti kebutuhan logistik bagi para korban terdampak. “Sementara kami data dulu, koordinasi dengan pihak kelurahan, dan juga sementara mungkin logistik, dan makanan untuk yang terdampak,” pungkasnya.(glh)