berita WISATA

Kampung Panji Menarik Perhatian Pengunjung Pekan Budaya

Kediri, demonstran.com, Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2019 sebagai salah satu agenda tahunan yang mampu menarik perhatian masyarakat Kediri dan sekitarnya. Pagelaran yang berada di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) Ngasem Kabupaten Kediri tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, pada Minggu 7 Juli 2019, dan akan diselenggarakan hingga 13 Juli 2019 mendatang dengan Tari 1000 barong sebagai penutupnya.

Pantauan demonstran.com memasuki hari kelima (11/7) pengunjung ramai memadati beberapa titik lokasi pameran. Dari beberapa titik keramaian tersebut, Kampung Panji menjadi salah satu lokasi ramai yang menyajikan hiburan sekaligus edukasi bagi para pengunjung. Ya, dalam kampung tersebut beragam pameran seputar “Panji” Sebagai ikon Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri bisa pengunjung dapatkan. Mulai dari pameran keris, relief candi, mewarnai topeng panji hingga spot foto yang dirancang khusus untuk menarik perhatian pengunjung.

Spot foto persembahan Sanggar Pandji Sasana Nuswantara tersebut memungkinkan pengunjung mengekspresikan dirinya dalam jepretan kamera dengan properti yang telah disediakan berupa topi kerajaan pada jaman dahulu. Tua, muda tak menjadi halangan  dalam memanfaatkan spot tersebut. Kebanyakan dari mereka senang dan sangat antusias, meski terkadang harus antri untuk mendapatkan kesempatan menikmati spot tersebut.

Salah satunya Ferdi Dwi Kurniawan, pengunjung dari Ngancar Kabupaten Kediri ini merasa bangga dengan adanya Spot yang ada dalam kampung panji tersebut.
“Sangat senang dengan adanya spot ini, karena tahun sebelumnya hanya edukasi dalam bentuk materi yang kita dapatkan. Tapi tahun ini bisa pakai atribut yang berkaitan dengan panji, tentu saya sangat bangga bisa merasakan menjadi raja dengan memakai topi ini hehe,” ungkapnya sambil tertawa.

Perlu diketahui gelaran Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri tahun 2019 ini kebetulan bersamaan dengan liburan sekolah. Sehingga kebanyakan dari pengunjung didominasi anak usia sekolah. (Lib)