berita DAERAH

Jelang Pilkada, KPU Cek Logistik Surat Suara

Kediri, demonstran.com – Menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020, yang kurang beberapa hari lagi digelar, KPU Kabupaten Kediri melakukan pengecekan dan penelitian logistik surat suara (SuSu) yang akan digunakan saat Pemungutan Suara 9 Desember mendatang. Pengecekan surat suara dilakukan pada Sabtu (21/11).

Sekretaris KPU Kabupaten Kediri, Bekti Rochani bersama Tim Logistik langsung melakukan pengecekan dan penelitian ke gudang percetakan Surat Suara (SuSu) yang berada di Kabupaten Gresik. Pengecekan dan penelitian tersebut juga didampingi oleh Bawaslu Kabupaten Kediri.

Bekti Rochani mengatakan bahwa kondisi pencetakan SuSu di tempat percetakan sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan hampir selesai.

“Pengecekan surat suara yang dilakukan langsung oleh KPU bersama Bawaslu dijadwalkan pencetakannya mencapai 100 persen dan akan segera dikirim ke gudang KPU di Kediri, ” ungkap Bekti Rochani, Sekretaris KPU Kabupaten Kediri.

Bekti menjelaskan, bahwa jumlah surat suara ini berdasarkan jumlah DPT per-TPS ditambah 2,5 persen per TPS sebanyak 1.263.900 lembar, ditambah PSU (Pemungutan Suara Ulang) 2.000 lembar. Total seluruh surat suara yang dicetak sebanyak 1.265.900 lembar.

“Surat suara yang dicetak tersebut sudah diberi pengaman dengan tanda khusus untuk menjamin keasliannya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bekti mengatakan usai melakukan pengecekan dan penelitian, KPU Kabupaten Kediri bersama Bawaslu Kabupaten Kediri dan Polres serta Polresta Kediri melakukan penandatanganan berita acara.(yy)