berita DAERAH

Jelang Akhir Tahun, Kapolresta Kediri Pimpin Razia Kendaraan Bermotor 

Kediri, demonstran.com – Jelang akhir tahun, Polres Kediri Kota lakukan giat penertiban jalanan. Minggu (1/12) dini hari kemarin, petugas lakukan penertiban di Jalan Erlangga, Ngadirejo, Kota Kediri terhadap para pengguna jalan yang melanggar secara kasatmata.
Mulai dari yang tidak memakai helm, hingga yang kendaraannya tidak standar pabrik, seperti memakai knalpot brong, hingga ban tipis, semuanya dilakukan penertiban. “Baru mulai ini, Mas, sekitar pukul 00.00,” ujar Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana kepada demonstran.com saat memimpin operasi penertiban, kemarin.
Satu persatu dikumpulkan di simpang empat Jalan Erlangga. Di jalan satu arah itu, para pengendara sepeda motor tidak berkutik ketika melihat para petugas sudah menunggu mereka. Beberapa sempat hendak melarikan diri (berputar melawan arus, Red) namun, digagalkan oleh para petugas yang sudah stand by di lokasi.
Terlihat ratusan sepeda motor yang terjaring memang tidak memenuhi standar pabrik. Banyak yang sudah dilakukan modifikasi mulai dari ban, hingga knalpot. Karena hal tersebut, anggota langsung mengamankan, dan mengumpulkan para pengendara yang memiliki sepeda motor yang melanggar. Terlihat juga beberapa sepeda motor yang masih standar pabrik. Beberapa memiliki SIM dan STNK, langsung dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanan. Namun, ada pula yang tidak menggunakan helm, meski surat-surat lengkap. Petugas langsung menindak, dengan melakukan tilang.
Sebenarnya, patroli serta penindakan sudah dilakukan rutin. Namun, para masyarakat yang resah, seringkali mengadukan kepada pihak berwajib.
“Memang sering, Mas, di sini (Jalan Erlangga, Red) dipakai untuk balapan, atau sekadar nggeber-nggeber knalpot,” ujar Randi, salah satu warga sekitar yang tidak ingin ketinggalan melihat aksi petugas menertibkan para pengendara sepeda motor.
Karena, selain membahayakan diri sendiri, dan orang lain, suara yang dihasilkan dari kenalpot sangat mengganggu lingkungan sekitar. “Cipta kondisi seperti tadi malam, insya Allah menjelang akhir tahun akan rutin dan ditingkatkan,” ujar Kasatlantas Polres Kediri Kota AKP Indra Budi Wibowo.
Untuk mendapatkan efek jera, para pelanggar diminta untuk menuntun sepeda motornya dari Jalan Erlangga ke Jalan Brawijaya. Terhitung ada 255 surat tilang yang diberikan kepada para pengendara. 72 sepeda motor disita di Kantor Satlantas Polres Kediri Kota karena pengendara tidak dapat menunjukkan SIM dan STNK, petugas juga menduga sementara dar 72 sepeda motor yang disita itu adalah dari hasil curanmor. “Untuk barang bukti bisa diambil tahun depan,” pungkas Indra.(glh)