berita Pemerintahan

Grup Gambus Sabyan Meriahkan Pembukaan  HUT Kota Kediri 1140

Kediri, demonstran.com – Dalam memperingati hari Jadi Kota Kediri ke 1140, Pemerintah Kota Kediri menggelar acara bertajuk islami dengan menghadirkan Oki Setiana Dewi, yang menyampaikan tausiyahnya mengenai kisah nabi dan perjalanan Islam, selanjutnya kegiatan ini dimeriahkan oleh konser grup Gambus Sabyan.
Rangkaian kegiatan hari jadi ini mengambil tema ‘Merajut Harmoni Menggapai Prestasi Kota Kediri’. Perbedaan dari tahun sebelumnya yakni, tahun ini akan menonjolkan sisi budaya dengan kegiatan inti yakni upacara manusuk sima dengan menggunakan pakaian adat Jawa.
Penampilan Sabyan Gambus dan Oki Setiana Dewi dalam rangka konser amal dan menjadi pembuka rangkaian hari jadi Kota Kediri ke- 1140, memukau puluhan ribu penonton.
Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar di sela acara  mengatakan, rangkaian kegiatan akan dimulai tanggal 4 Juli – 7 September 2019 nanti.
“Kita juga harus mengenalkan kearifan lokal Kediri pada masyarakat luas. Upacara Manusuk Sima di Kuwak Tirtoyoso rencananya juga akan dilakukan teatrikal. Diyakini tempat tersebut merupakan cikal bakal terbentuknya kota Kediri,” jelasnya.
Nur Muhyar juga meminta partisipasi dan dukungan awak media serta dari masyarakat Kota Kediri untuk ikut memeriahkan agenda tahunan di HUT Kota Kediri.
“Kami berharap dukungan masyarakat kota kediri berpartisipasi menjaga kondusifitas dan ikut mempromosikan baik melalui media sosial. Sehingga banyak orang yang akan datang ke Kediri. Secara tidak langsung berbagai acara Hari Jadi Kota Kediri juga akan berdampak pada perekonomian masyarakat,”tutupnya.
Dalam sambutannya, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar yang didampingi  Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar  menyampaikan, pembukaan hari jadi Kota Kediri yang diisi dengan sholawat dan tausiyah diharapkan membawa berkah bagi masyarakat Kota Kediri. Serta masyarakat semakin solid dan harmonis sehingga bisa membangun Kota Kediri menjadi lebih baik.
 “Mudah-mudahan dengan Doa dan Sholawat, kita semua mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW,” ujar walikota 2 periode ini menjelaskan.
Dikesempatan yang sama, Mas Abu juga memberikan donasi untuk Maskanul huffadz atau Rumah penghafal Quran milik Oki Setiana Dewi. Yayasan yang sudah berdiri sejak 2016 lalu dan berhasil meluluskan ratusan siswa penghafal alquran.
Diketahui, dalam pagelaran akbar Gambus Sabyan Dihadiri oleh seluruh pejabat Pemkot serta forkopimda Kota kediri beserta ribuan masyarakat yang langsung menyaksikan kehadiran grup Gambus Sabyan.
Diakhir sambutannya mas Mas Abu juga berharap, diusia Kota Kediri ke-1140 ini, masyarakat semakin solid dan harmonis sehingga bisa bersama-sama membangun Kota Kediri menjadi lebih baik.(yy)