berita DAERAH

Desa Bogem Gurah Lakukan Penyemprotan Disinfektan Cegah Virus Covid 19

Kediri, demonstran.com – Dalam rangka mengantisipasi merebaknya virus corona atau Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Bogem Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah warga, di sarana ibadah, termasuk juga kantor desa, Kamia (26/3) penyemprotan dimulai sekitar pukul 07.30 WIB
Mohammad Samsudin, Kepala Desa Bogem Kecamatan Gurah  mengatakan bahwa tujuan penyemprotan yang dilakukan dirumah warga dan beberapa sarana ibadah yakni untuk pencegahan merebaknya virus corona yang kini tengah mewabah di negeri ini.
“Dalam penyemprotan disinfektan ini kita menurunkan personil dari perangkat desa dan babinsa.” Kata Kades Bogem.
Muhammad Samsudin, menambahkan untuk sementara waktu juga menonaktifkan berbagai kegiatan yang berbasis massa, seperti halnya rapat umum, tahlilan, pengajian dan kegiatan lain seperti yang tertuang dalam aturan pemerintah. Namun untuk pelaksanaan sholat lima waktu ataupun sholat jumat di masjid masih diperbolehkan asalkan tetap menjaga jarak dan mengikuti semua arahan dari pemerintah
” Untuk sementara kegiatan pengajian, rapat ataupun tahlilan dihentikan sementara waktu. Warga dianjurkan untuk melaksanakan tahlilan di rumah saja, kalau sholat berjamaah maupun sholat jumaat masih diperbolehkan,” ucap Kades Bogem Kecamatan Gurah.
Terkait adanya warga Desa Bogem Kecamatan Gurah yang berada diluar kota, Mohammad Samsudin menghimbau jika pulang diharapkan untuk cek kesehatan terlebih dahulu ke puskesmas terdekat bila terdapat gejala terpapar virus cofid 19 bisa segera teratasi sehingga tidak menyebar ke keluarganya.
” Warga kita ada yang bekerja di Bali, ataupun Surabaya, bila pulang ke Desa kita himbau untuk melakukan pemeriksaan ke puskesmas terlebih dahulu,” ucapnya.
Kades Bogem Kecamatan Gurah ini juga telah menyampaikan edaran RT dan RW untuk melaporkan jika ada warganya mengalami gejala terpapar virus covid 19 atau warga yang baru datang dari luar kota.
Selain itu, Pemdes Bogem juga menyampaikan himbauan kepada warganya agar tidak melakukan kumpul kumpul seperti halnya di warung kopi.
” Warga sudah kita berikan pengetahuan agar tidak melakukan kumpul kumpul seperti halnya di warung kopi, dan diharapkan lebih banyak di rumah untuk menghindari tertular virus corona yang semakin menyebar di Indonesia,” ujarnya.
Mohammad Samsudin berharap warga Desa Bogem terbebas dari virus Covid 19, dan diharapakan warga mematuhi semua peraturan pemerintah. (yy)