berita DAERAH

Delapan Polsek di Polres Kediri Tak Lagi Lakukan Penyidikan, Ini Kata Kapolres Kediri

Kediri, demonstran.com – 1.062 polsek di Indonesia yang tidak bisa lagi melakukan penyidikan, delapan polsek diantaranya ada di wilayah hukum Polres Kediri. Hal Ini lantaran kedelapan polsek tersebut dinilai hanya menerima sedikit laporan polisi dalam setahun.

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono meyebut kedelapan Polsek di wilayahnya yang tak lagi tangani penyidikan perkara pidana yakni Polsek Kandangan, Puncu, Wates, Kepung, Gurah, Papar, Purwoasri dan Kunjang.

“Kedelapan Polsek tersebut tidak lagi melakukan penyidikan karena hanya ada sedikit laporan polisi dalam setahun, dan hal ini merupakan bagian kebijakan dari program Kapolri untuk mengfokuskan Polsek dalam kegiatan Harkamtibmas,” terang Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono, seusai jumpa Pers di Halaman Mapolres Kediri, (6/4).

Lebih lanjut AKBP Lukman mengatakan dengan kebijakan ini diharapkan Polsek lebih bisa melakukan kegiatan. Preventif Harkamtibmas, sambang daerah sehingga fokusnua tidak terpecah dengan penangan perkara.

“Kedelapan Polsek di Polres Kediri yang tak lagi melakukan proses penyidikan ini juga sudah berdasarkan kriteria khusus. Salah satunya yakni minimnya laporan masyarakat terkait adanya kasus tindak pidana yang ditangani Polsek tersebut,” lanjutnya.

AKBP Lukman Cahyono mengatakan delapan Polsek yang tidak lagi tangani penyidikan ini nantinya akan terus bertambah tergantung dengan perkembangan serta situasi ke depan.

“Dengan pengalihan ini, diharapkan kita bisa mempercepat penanganan perkara, karena jumlah anggota di Polres Kediri cukup banyak dan mempunyai kompetensi. Sehingga dengan program ini justru mempercepat pelayanan hukum masyarakat Kabupaten Kediri,” tuturnya.

Lukman mengatakan kepada masyarakat jika mengalami peristiwa hukum tetap bisa melaporkan lewat Polsek.

“Masyarakat tetap bisa melapor ke Polsek hanya saja yang menjadi pembeda penanganannya nanti akan dilimpahkan di Polres,” pungkasnya.(yy)