berita Pemerintahan

Bupati Kediri : BPD Harus Berperan Dalam Pembangunan Desa 

Kediri, demonstran.com – Bupati Kediri Jawa Timur Haryanti Sutrisno melantik 3.000 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 26 kecamatan.

Pelantikan BPD periode 2019 – 2025 berlangsung di halaman Pemkab Kediri, Selasa (17/9/2019).

Dalam sambutannya, Haryanti Sutrisno meminta seluruh anggota BPD meningkatkan mutu pelayanan serta mengoptimalkan kinerja aparat Desa secara profesional dan berkualitas.

“Anggota BPD harus memahami situasi, kondisi, potensi, problem serta aspirasi di tingkat masyarakat karena BPD sendiri merupakan wakil masyarakat yang terpilih untuk duduk dalam Badan Permusyawaratan Desa (BPD),” ujarnya.

Haryanti menambahkan keberadaan BPD dalam pemerintahan Desa memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan terhadap perkembangan dan masa depan Desa yang bersangkutan.

“BPD dalam pelaksanaan tugasnya yaitu mengemban amanah untuk menampung dan menyampaikan aspirasi masyarakat Desa dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Desa,” tambahnya.

Bupati juga berpesan dalam melaksanakan tugas BPD harus selalu mengedepankan budaya kerja sama dan gotong-royong, bangun komunikasi yang baik dengan jajaran pemerintahan Desa dan lembaga Desa lainnya agar tercipta hubungan kerja yang harmonis.

Pemerintah Kabupaten Kediri senantiasa berupaya untuk terus melakukan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan Desa, melalui pemerataan program pembangunan diseluruh Desa.

Upaya-upaya tersebut antara lain dilakukan melalui sejumlah program, seperti program Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), serta berbagai upaya lainnya.

“Berbagai program tersebut tentunya tidak akan memberikan kontribusi maksimal apabila tidak didukung oleh peran serta dari masyarakat Desa yang bersangkutan,” katanya. (glh)