berita EKONOMI

Belajar dari YouTube, Pengrajin Paper Quilling Bisa Kirim Pesanan Ke Amerika

Kediri, demonstran.com – Pekan Budaya Dan Pariwisata Tahun 2019 kabupaten Kediri banyak dimanfaatkan pelaku usaha untuk memamerkan hasil produksinya. Salah satu stand yang menarik perhatian disana, ada seorang laki laki yang duduk serta sedang fokus memegang sebuah pinset ditangannya, dan selembar kertas diatas meja. Dia terlihat sedang menata lembaran kertas kertas kecil berwarna warni dengan pinset ditangannya. Rupanya dia sedang mengerjakan paper quilling.
Paper quilling adalah bentuk seni yang menggunakan potongan kertas yang digulung, dibentuk, dan direkatkan bersama untuk membuat desain dekoratif.

Adham Chalik adalah salah satu pengrajin paper qualling tersebut. Dia sudah menekuni dunia seni ini selama 2,5 tahun. Sebelumnya dia berprofesi sebagai driver. Namun sejak pesanan mulai banyak, dia memutuskan berhenti menjadi driver dan fokus untuk menekuni paper quilling.

Adham mengatakan setiap hari menerima pesanan di rumahnya di Desa Tawang Kecamatan Wates. Pemesannya pun datang dari berbagai daerah, bahkan ada yang dari luar negeri. “Paling jauh Amerika mbak,” ucapnya.
Untuk 1 buah kerajinan Paper Guilling Adham mengaku mematok dari harga 150 ribu Rupiah hingga 8 juta Rupiah. “Tergantung tingkat rumitnya mbak,” tambahnya.
Sementara untuk alat dan bahan yang digunakan, dirinya menjelaskan hanya membutuhkan kertas buffalo warna warni, lem kertas, pinset dan selembar kertas atau kain untuk medianya.
Adham mengatakan dia mempelajari Seni dua dimensi ini dari konten video di YouTube. “Dari YouTube,” ujar Adham
Terakhir Adham pun mengaku kalau di rumahnya  yang terletak di Jalan Gadungan No.67 masih banyak pesanan yang belum dikerjakannya.(dr/rs)