berita DAERAH

Bahasa Media Massa Harus Mendidik Masyarakat

Kediri, demonstran – Media massa saat ini memiliki peran strategis dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. “Sehingga terkadang sebagian orang, terutama di kalangan dunia pendidikan, siswa lebih percaya bahasa koran daripada guru atau orang tuanya,” ucap Kepala Balai Bahasa Jawa Timur, Mustakim saat mengadakan penyuluhan bahasa Indonesia di kantor Pemerintah Kota Kediri tepatnya di ruang Kili Suci, Selasa (10/9).

Menurut Mustakim, media sangat perlu terus berbenah, terutama pada aspek penggunaan bahasa yang baik dan benar beserta ikutannya. “Terus terang tantangan Bahasa Indonesia menjadi sangat berat sejak muncul media sosial. Siapapun bisa menulis bebas, sehingga meninggalkan kaidah bahasa yang baik dan benar,” beber Mustakim.

Masih menurut dia, Bahasa Indonesia di media sosial jika dibiarkan akan semakin liar. “Selain bisa mengancam tata bahasa, pembiaran bisa merusak tatanan sosial hingga tatanan komunikasi. Untuk itu perlu ada pembinaan agar tidak menimbulkan kerancuan bahasa,” urainya.

Pihaknya menambahkan tantangan memartabatkan Bahasa Indonesia di ruang publik sangat perlu dilakukan. “Jangan sampai menganggap Bahasa Indonesia dijadikan kelas dua. Contohlah perumahan besar selalu menggunakan bahasa asing, sementara perumahan sederhana memakai nama Bahasa Indonesia. Sebenarnya boleh saja bahasa asing dipakai untuk tanda, tapi Bahasa Indonesia jangan ditinggalkan,” tambahnya.

Lebih lanjut Mustakim berharap, dengan dilakukannya penyuluhan bahasa Indonesia disini selama dua hari kedepan, setidaknya dapat meningkatkan mutu tata berbahasa bagi para insan media. (glh/dk)