berita KRIMINAL

Pengedar Sabu asal Ringinrejo Dituntut Lima Tahun Penjara Dan Denda 800 Juta

Kediri Kabupaten, demonstran.com – Terdakwa pengedar sabu-sabu bernama Heri Iswanto, alias Mentek, 29, asal Desa Sambi, Kecamatan Ringinrejo dituntut JPU (Jaksa Penuntut Umum) hukuman penjara lima tahun. Mentek juga dituntut membayar denda oleh JPU sebanyak Rp 800 juta subsider tiga bulan penjara. Tuntutan ini dibacakan saat sidang hari Jum’at (14/06).
Mendengar tuntutan Jaksa tersebut, terdakwa Mentek memohon kepada Majelis Hakim yang dipimpin oleh Guntur Pambudi Wijaya untuk memotong tuntutan masa hukuman terhadapnya.  “Terdakwa dipersilahkan kembali ke ruang tahanan,” ucap Guntur (Hakim) sembari mengetuk palu persidangan.
Setelah mendengarkan permintaan terdakwa, Hakim Ketua Guntur menanyakan kepada JPU, namun Jaksa Dedi tetap pada tuntutan yang ia bacakan. Mentek pun digiring keluar dari ruang Kartika, PN Kab Kediri untuk dimasukkan ke ruang tahanan sementara sebelum dikirim lagi ke Lapas Kediri.
Meski baru pertama kali ditangkap oleh Polsek Ringinrejo terkait mengedarkan sabu-sabu, Mentek tidak tanggung-tanggung, ia terbukti memiliki total sabu-sabu dengan berat bersih 2,69 gram. 0,78 gramnya sudah dimasukkan ke dalam 20 plastik klip untuk diedarkan. “Sedangkan sisanya ditemukan dari dalam bungkus rokok,” ujar Dedi selaku JPU saat di persidangan.
Mentek diamankan oleh petugas Polsek Ringinrejo pada Senin (4/2) sekitar pukul 17.00 WIB di rumahnya. Saat itu petugas Polsek Ringinrejo melakukan penggrebekan di rumahnya karena mendapatkan informasi dan melakukan pengembangan terhadap pengedaran yang terjadi di Ringinrejo, Kabupaten Kediri.
Selain sabu-sabu, petugas juga mengamankan uang tunai sebanyak Rp 569 ribu, satu buah selotip, gunting, handphone, seperangkat alat hisap sabu, dan korek gas. Mentek dituntut dengan pasal 112 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.(glh/yy)