berita Olah Raga

BOPI : Persik Kediri Lolos Verifikasi Peserta Liga 2

Kediri Kota, demonstran.com – Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) menyatakan tim kebanggaan Kota Kediri (Persik) lolos sebagai peserta tim kompetisi Liga 2 Indonesia 2019.
Perihal ini dikatakan langsung oleh Sekjen BOPI Sandi Suwardi setelah melakukan verifikasi terhadap tim berjuluk macan putih yang dilakukan di Mess Persik Kediri di Jalan PK Bangsa, pada Jum’at (14/6/2019).
“Secara keseluruhan persyaratan yang diberlakukan,
Persik Kediri dinyatakan lolos 100 persen alias lengkap dalam pemberkasan dan berhak untuk mengikuti kompetisi Liga 2 yang sesuai jadwal bakal bergulir pada 22 Juni 2019,” ujarnya.
Sandi menyebut, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap peserta kompetisi diantaranya, setiap tim harus menunjukkan atau menyertakan surat pernyataan bahwa tim tersebut bebas dari tunggakan gaji pemain, selanjutnya pernyataan bebas pajak, kontrak pemain hingga kesehatan manajemen dalam artian sehat dalam perihal finansial.
“Persik Kediri telah menyelesaikan persyaratan itu semua. Sebagai tim yang mempunyai sejarah panjang di persepakbolaan tanah air tentunya kami pun salut terhadap tim ini,” ungkapnya dengan memberikan applaus kepada jajaran manajemen Persik.
Meski demikian, Sandi mengatakan, bahwa masih banyak tim yang belum menyelesaikan terkait dengan kelengkapan persyaratan yang ditetapkan. Mulai dari menyisakan kekurangan pada pernyataan tunggakan gaji pemain, belum menyertakan lampiran kontrak pemain, hingga ada pula yang belum menyelesaikan sama sekali terkait dengan segala persyaratan yang telah diberlakukan.
Sandi menuturkan, jika persyaratan-persyaratan tersebut begitu penting dilakukan guna menanggulangi permasalahan yang terjadi di tengah bergulirnya kompetisi. “Misalkan, apabila tim tersebut finansialnya kurang baik. Secara otomatis bisa saja tim ini tiba-tiba mengundurkan diri dari kompetisi. Begitu juga dengan masalah tunggakan gaji dan lain sebagainya yang nantinya bakal mengganggu jalannya kompetisi yang telah digulirkan,” jelasnya.
Lantas bagaimana kelanjutannya jika nantinya ada salah satu tim yang pada akhirnya tidak mampu menyelesaikan persyaratan tersebut, Sandi mengaku, bakal tidak segan-segan akan melakukan pencoretan.
“Sanksinya jelas, yaitu berupa pencoretan tim dari peserta kompetisi. Namun beberapa tim yang hingga detik ini masih belum melengkapi persyaratan tidak perlu panik, karena mereka masih mempunyai tenggang waktu hingga 18 Juni 2019 tepatnya pada pukul 12.00 WIB, untuk melengkapi persyaratan yang masih kurang,” bebernya.
Sementara itu dari kubu manajemen Persik Kediri setelah mengetahui hasil verifikasi tersebut mengaku bersyukur atas lolosnya Persik sebagai tim peserta Liga 2.
“Alhamdulillah, ini semua tak lepas berkat kerja keras dari jajaran manajemen. Sebagai tim profesional, Persik Kediri siap menjalankan dan memenuhi sebagaimana aturan yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara. Persyaratan sudah selesai, tinggal PR kita untuk membenahi kerangka tim disisa waktu yang ada ini,” ujar Benny Kurniawan, Manajer Persik Kediri.
Untuk diketahui, regulasi jadwal pembagian tim dibagi menjadi dua grup yaitu grup barat dan grup timur. Sedangkan Persik Kediri di Liga 2 kali ini tergabung di grup timur dengan diisi 11 tim didalamnya seperti, Mitra Kukar, Persatu Tuban, Madura FC, Persewar Waropen, Persiba Balikpapan, Persis Solo, PSBS Biak, PSIM Yogyakarta, Bogor FC, Martapura, dan terakhir adalah Persik Kediri.(glh)