berita Olah Raga

Kota Kediri Targetkan 40 Medali Emas di Ajang Porprov VI

Kota Kediri, demonstran.com – Ajang bergengsi tempat berkumpulnya para atlet-atlet terbaik di tiap daerah yang terkemas pada event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) kurang 24 hari lagi. Dalam gelaran Porpov Jawa Timur yang telah memasuki fase ke VI ini akan digelar di 4 lokasi secara serentak yakni Gresik, Tuban, Bojonegoro dan Lamongan.

Ada 40 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan, termasuk tujuh cabor tambahan, yaitu anggar, hockey, tarung drajat, paralayang, menembak, muaythai, dan petanque.

Sementara itu, kontingen Kota Kediri dalam ajang Porprov kali ini menargetkan dapat meraih 40 medali emas. Tentu saja, cabor seperti angkat besi, atletik, angkat berat dan wushu menjadi andalan kontingen Kota Kediri dalam memenuhi target medali tersebut.

“Pada Porprov tahun ini kami optimistis bisa meraih 40 medali emas dan mempertahankan posisi tiga besar. Optimistis ini pun di dukung dengan persiapan yang matang yang telah dilakukan pada 2016 lalu melalui program Pemusatan Latihan Kota Kediri (Puslakot),” kata I Gede Heru Marwanto, Ketua KONI Kota Kediri kepada Demonstran.com, Rabu (12/6/2019).

Diketahui, pada Porprov V yang digelar pada tahun 2015 kemarin di Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember tersebut mengantarkan Surabaya menjadi juara umum dengan menyabet 118 emas, 98 perak, dan 77 perunggu. Disusul Kota Malang di urutan kedua mendapat 42 medali emas, 32 perak dan 50 perunggu. Sedangkan peringkat ketiga ditempati Kota Kediri dengan torehan 32 emas, 37 perak dan 45 perunggu.

Meski target bertahan di tiga besar, namun Heru Marwanto berkeinginan untuk menggeser dominasi Kota Malang dan Surabaya yang selama ini selalu berada di peringkat 2 teratas.

“Kita tahu, Kota Malang dan Surabaya begitu kuat. Namun di Porprov kali ini kami mencoba menggeser peta kekuatan tersebut. Kami yakin, dengan sejumlah persiapan yang telah dilakukan Kota Kediri mampu setidaknya menggeser Kota Malang untuk melaju satu peringkat dibanding gelaran tahun sebelumnya,” pungkasnya dengan rasa optimis.(glh/yy)