berita Pemerintahan

Pemkab Kediri Kebut Tutup Jalan Berlubang

Kediri, demonstran.com – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), terus bekerja keras mengerjakan perbaikan jalan dengan cara penambalan jalan berlubang maupun pelebaran jalan, diharapkan arus lalu lintas jelang lebaran Idul fitri 2019 menjadi lancar.

“Perbaikan jalan saat ini masih dalam proses, jadi diupayakan pekan depan sudah selesai. Ada banyak jalan berlubang yang tersebar di sepanjang jalan Kabupaten Kediri,” kata Kasi Jalan PUPR Kab Kediri Ir. Hari Siswanto saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (23/5).

Ruas jalan yang perlu diperbaiki ada beberapa diantaranya misalnya di wilayah Kecamatan Gurah, Pagu, Kunjang, Papar, Plosoklaten, hingga Wates. Lokasinya berada di di titik-titik tertentu dan bukan seluruhnya di jalan tersebut.

Hari Siswanto menjelaskan, jalur yang diperbaiki itu juga diprioritaskan jalur utama, di mana volume kendaraan yang lewat juga cukup padat. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pihaknya sudah membuka unit reaksi cepat khusus untuk perbaikan jalan. Pemerintah juga langsung menindaklanjuti jika ada aduan terkait dengan jalan rusak di Kabupaten Kediri

“Di Dinas pekerjaan umum ada yang namanya unit reaksi cepat terkait perbaikan jalan. Prinsipnya, sekarang ini hampir semua terutama laporan dari masyarakat bisa cepat untuk kami tindaklanjuti. Jadi, untuk perbaikan jalan guna persiapan Lebaran 2019 ini masih dalam proses,” ujarnya.

Dia juga menegaskan, perbaikan jalan itu sebenarnya sudah dilakukan sejak awal Lebaran, sehingga saat Lebaran nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pengguna jalan.

“Jadi, persiapan Lebaran sudah berkurang. Pengerjaan sebelum Lebaran, seperti perbaikan jalan sudah dilakukan. Kami harapkan nanti sudah tidak ada gangguan dalam pemanfaatan jalan di kabupaten Kediri,” kata Hari Siswanto.

Saat disinggung besarnya anggaran, Hari Siswanto enggan mengatakan. Dirinya hanya mengatakan bahwa proses perbaikan jalan sudah dalam proses dan segera selesai.

Dilain pihak, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kediri Dede Sujana mengatakan pada 2019, Pemerintah Kabupaten Kediri melakukan percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur, dengan memperluas akses di sejumlah jembatan, yang menghubungkan berbagai daerah di area kerjanya.

Langkah yang dilakukan dengan melakukan pelebaran jalan, melakukan penambahan rambu lalu-lintas mulai dari perempatan Papar menuju Jembatan Kelutan, Kabupaten Kediri.

Selain itu, pemda juga akan menambah akses di bagian timur Jembatan Wijaya Kusuma, yang menghubungkan Kecamatan Ngadiluwih dan Kecamatan Mojo. Infrastruktur tersebut berada di bagian Selatan, Kabupaten Kediri.(yy/glh)