berita DAERAH

Pertengahan Puasa, Harga Daging Dan Ayam Masih Stabil

Kediri, demonstran.com – Harga daging sapi dan ayam di pasaran pada sebelas hari Bulan Ramadhan ini masih stabil. Hal ini seperti yang terjadi di Pasar Pahing Kota Kediri (16/5). Jannah, salah satu penjual daging sapi mengatakan bahwa harga daging sapi masih sama seperti sebelum Puasa, yaitu Rp.98.000 per kg.
Begitu pula untuk harga daging ayam juga tidak mengalami kenaikan, yaitu masih berkisar Rp.30.000 per kg. Seperti yang diungkapkan Rusmini, salah satu penjual daging di pasar Pahing. Dirinya masih menjual daging ayam dengan harga seperti sebelum bulan puasa. “Di bawah tiga puluh ribu,” ujarnya.
Kendati demikian, para pedagang mengaku kenaikan harga bisa saja terjadi mendekati lebaran. “Biasanya H-1 sebelum lebaran mbak,” tambah Jannah. Kenaikannya bisa mencapai 120 ribu rupiah per kilogramnya berdasar pada pengalaman tahun lalu.
Sementara untuk daging ayam juga mengalami kenaikan harga menjelang lebaran. “Hari ke-26 mbak biasanya (harga naik),” kata Rusmini. Kenaikannya berkisar dua ribu hingga tiga ribu rupiah per kilogramnya.
Tetapi, meskipun harga daging sapi atau ayam biasanya meningkat, tetapu tidak mengurangi minat pembeli untuk membeli daging untuk hidangan buka puasa. “Pembeli tetap masih banyak,” tutup Jannah yang sudah 20 tahun lebih berjualan di Pasar Pahing Kota Kediri ini.(dr/rs)