berita DAERAH

Harga bawang turun, kentang naik

Kediri, demonstran.com – Beberapa minggu terakhir bawang putih sempat mengalami kenaikan harga mencapai Rp.50.000 per kg. Namun setelah Pemerintah Kota Kediri mempunyai kebijakan untuk menstabilkan harga bawang putih di pasaran dengan cara mengimpor bawang dari luar negeri, harga bawang mulai stabil.

Hari ini, Rabu (15/5) wartawan Tabloid Demonstran mencoba memantau harga bawang di pasaran. Seperti di Pasar Grosir Ngronggo Kota Kediri, Yanti salah satu penjual bawang yang kami wawancarai membeberkan bahwa harga bawang putih sekarang ini Rp 28.000 per kg setelah sebelumnya sempat mengalami kenaikan mencapai Rp 50.000 per kg. Lebih lanjut Dia mengungkapkan hal ini karena Pemerintah Kota Kediri mengimpor bawang putih.

Sementara itu harga komoditas lain justru meningkat, seperti yang terjadi pada kentang, yang justru mengalami kenaikan sebesar Rp 2.000 per kg, harga sebelumnya adalah Rp 8.000.

Yanti menjelaskan kemungkinan naiknya harga kentang dikarenakan cuaca, “Cuaca mungkin mbak,” ujarnya. Dan kenaikan ini sudah terjadi selama seminggu.

Kembali menurut Yanti kenaikan harga kentang kemungkinan akan terjadi selama Bulan Ramadhan ini.(dr/rs)