berita POLITIK

ANGKA PARTISIPASI PEMILIH DI KOTA KEDIRI MELEBIHI TARGET YANG DITENTUKAN

KEDIRI KOTA, demonstran.com -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur, menyebut tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ini mampu melampaui target yang telah ditetapkan oleh KPU RI dimana angka partisipasi di Kota Kediri mampu mencapai 86,19 persen.
Sedangkan melihat angka partisipasi yang ditargetkan oleh KPU RI ialah 77,5 persen. “Alhamdulillah angka partisipasi ditingkat masyarakat dalam memberikan hak suaranya pada pesta demokrasi kali ini sangatlah bagus. Bahkan angka partisipasi ini melebihi target yang telah ditetapkan oleh KPU RI,” kata Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik saat ditemui Tabloid Demonstran News seusai acara rekapitulasi ditingkat KPU yang digelar di hotel Grand Surya Kota Kediri, Selasa (30/4/2019).
Diketetahui bila dibandingkan dengan angka partisipasi di tahun sebelumnya (2014,Red), untuk Pileg hanya mencapai 76 persen dan Pilpres mencapai 69 persen.
Menurut Agus Rofiq, banyak faktor yang mempu memengaruhi tingginya angka partisipasi masyarakat tersebut sebagaimana gencarnya sosialisasi yang telah dilakukan oleh KPU, PPK, PPS, relawan demokrasi, tokoh agama, dan sejumlah elemen lainnya, serta tak kalah serunya terkait rivalitas antara kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden yang juga menjadi daya tarik kuat dalam mempengaruhi masyarakat untuk datang ke TPS.
Dijelaskan oleh Agus Rofiq, rata-rata kenaikan tingkat partisipasi pemilih di tiap kecamatan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Perihal ini bisa dilihat dari angka partisipasi pemilih di tingkat Kecamatan yang ada di wilayah Kota Kediri diantaranya, Kecamatan Mojoroto mencapai 86,14 persen, Kecamatan Kota mencapai 85,08 persen, dan Kecamatan Pesantren mencapai 87,38 persen,” jelasnya.
Lebih lanjut ia mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu 2019 ini. Ia juga berharap semoga penyelenggaraan pemilu kedepan angka partisipasi masyarakat juga jauh lebih baik dari pada tahun ini.(glh/yy)