berita POLITIK

PEROLEHAN SUARA JOKOWI-MA’RUF UNGGUL DI KOTA KEDIRI

KEDIRI KOTA, demonstran.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur, memutuskan suara calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut satu, Joko Widodo – Ma’ruf Amin unggul dalam rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU
Dalam rapat pleno terbuka hasil rekapitulasi perhitungan perolehan suara yang diselenggarakan di Hotel Grand Surya, Kota Kediri pada Selasa (30/4) kemarin, diketahui Pasangan Jokowi-Ma’ruf mendapat perolehan suara sebesar 143.991 suara. Sedangkan rivalnya pasangan nomor urut dua Prabowo-Sandi mendapat 38.955 suara.
Berdasarkan data yang berhasil dihimpun oleh demonstran.com dari hasil rekapitulasi tersebut, pasangan Jokowi – Ma’ruf unggul telak dibanding rival pesaingnya pasangan Prabowo-Sandi. Hal ini terbukti dari tiga Kecamatan yang ada di Kota Kediri yaitu Kecamatan Mojoroto, Kota, dan Pesantren, Jokowi-Ma’ruf selalu unggul.
Kecamatan Mojoroto pasangan Jokowi Ma’ruf mendapat perolehan suara sebesar 55.139 suara sedangkan Prabowo – Sandi 17.147 suara. Kecamatan Kota Jokowi Ma’ruf kembali unggul dengan perolehan suara sebesar 44.515 suara dan Prabowo-Sandi mendapat 11.011 suara, dan di Kecamatan Pesantren Jokowi-Ma’ruf juga unggul dengan perolehan suara sebesar 44.337 suara sedangkan Prabowo-Sandi mendapat 10.797 suara.
“Alhamdulillah semua saksi tidak ada yang protes keberatan, sehingga semua bisa berjalan mulus tanpa suatu kendala apapun,” kata Agus Rofiq, Ketua KPU Kota Kediri saat dikonfirmasi seusai rekapitulasi.
Dikatakan oleh Agus Rofiq, bahwa di Kota Kediri, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yakni 201.850 jiwa. Jumlah itu belum termasuk daftar pemilih tambahan (DPTb) yang diputuskan sebanyak 8.731 pemilih. “Sementara itu untuk suara sah mencapai 182.946 dan yang tidak sah adalah 3.852 suara, sehingga total suara sah dan tidak sah mencapai 186.798 suara,” terangnya.
Untuk selanjutnya, Gus Rofik mengatakan KPU segera menyampaikan pada para saksi terkait dengan hasil Pemilu 2019 tersebut. Mereka mendapatkan berita acara baik dari pasangan calon presiden nomor urut satu maupun calon presiden nomor urut dua. Selain itu, partai juga mendapatkan termasuk dari tim DPD.
“Kami juga sampaikan ke bawaslu setelah itu dikirim ke provinsi untuk jenis pemilihan yang direkap untuk provinsi. Kalau yang DPRD Kota Kediri sudah langsung kami tetapkan dalam bentuk SK dan akan dikirimkan juga ke KPU RI melalui Provinsi Jatim untuk ditetapkan hasil pemilu secara nasional,” pungkasnya.(glh/yy)