berita POLITIK

ANGKA PARTISIPASI PEMILIH MENINGKAT, PENYELENGGARAAN PEMILU 2019  AMAN DAN KONDUSIF

KEDIRI KOTA, demonstran.com – KPU Kota Kediri mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019, Selasa (30/4). Jika dilihat dari proses pencoblosan pemilu hingga kemarin, situasi di Kota Kediri aman dan terkendali dari gangguan kamtibmas. Serta, partisipasi pemilihan di Kota Kediri juga meningkat dari Pilkada tahun 2018.
Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi menjelaskan bahwa sebelum pemilu 2019 serentak dimulai pada Rabu (17/4) hingga kemarin, di wilayah Polres Kediri Kota khususnya di wilayah Kota Kediri tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban.
“Dari para petugas yang berada di lokasi TPS, hingga saat pengiriman surat suara ke PPK dan ke KPU, semuanya lancar,”imbuh Anthon.
Ia juga menjelaskan bahwa saat dilakukan rapat pleno, mulai dari peserta yang hadir, serta saksi sudah sepakat dengan hasil yang ditunjukkan saat rapat pleno. “Hari ini (Kemarin, Red) selesai, dan sudah ditetapkan hasilnya,” terangnya.
Anthon juga menjelaskan bahwa tugas dari pihak keamanan tidak selesai hanya sampai penghitungan saja. Ia menambahkan bahwa sejak selesai penghitungan pada tingkat kota, maka hasilnya akan diserahkan ke KPU tingkat provinsi.
Rencananya pada malam hari (30/4) dengan didampingi oleh petugas dari Polres Kediri Kota, hasil rekapakan dikirimkan ke KPU Provinsi. “Selesai dengan aman dan kondusif, dengan meningkatnya tingkat partisipasi dari warga Kota Kediri, dalam pemilihan hingga pengamanan saat pemilu,” terang Anthon.
Memang, jika dibandingkan dengan Pilkada 2018 lalu, tingkat partisipasi bagi para pemilih di Kota Kediri cenderung meningkat hingga hampir sepuluh persen.
Ketua Bawaslu Kota Kediri Mansur menjelaskan bahwa pada tahun 2019, tingkat partisipasi pemilih di Kota Kediri mencapai 86 persen. “Sedangkan pada pilkada tahun lalu partisipasi pemilih mencapai 78 persen,” terangnya.
Mansyur menjelaskan bahwa dengan koordinasi dengan petugas keamanan dari Polri, TNI, dan dari warga sendiri, tingkat partisipasi bisa meningkat. Dengan dilakukan pendekatan melalui sosialisasi dan pengarahan.(glh/yy)