berita Pemerintahan

Peringati Hari Kartini Pemkot Kediri Gelar Jalan Santai Kreasi

Kediri, demonstran.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri gelar gerak jalan kreasi dalam rangka memperingati Hari Kartini 2019, Sabtu (29/4/2019).
Acara yang mengambil start di depan kantor Balai Kota Kediri ini diikuti sebanyak 37 peserta dari berbagai instansi Pemerintahan Kota Kediri dan organisasi wanita di Kota Kediri.
Berlangsung meriah, karena dalam acara yang bertajuk gerak jalan kreasi ini para peserta mengenakan berbagai pakaian menarik seperti yang tercermin pada sosok wanita inspirasi kaum wanita ini yaitu Raden Ajeng Kartini, dan juga di dukung dengan yel-yel dari para peserta masing-masing yang semakin membuat acara ini semakin ramai dan meriah.
Budwi Sunu, PLH (Pelaksana Harian) Walikota Kediri mengatakan, Mudah-mudahan semangat para ibu-ibu bisa tergugah kembali seperti Raden Ajeng Kartini. Tanpa perjuangan Kartini perempuan hanya sebatas “Konco Wingking”. Pelengkap rumah tangga.
“Tapi faktanya usai perjuangan Kartini, kedudukan gender sudah sama dengan laki-laki,” kata Budhuwi Sunu.
Menurutnya, kesamaan gender itu telah dibuktikan dengan adanya beberapa tokoh perempuan yang menduduki sejumlah jabatan publik.
“Ada Bupati, Wakil Wali kota, menteri perempuan banyak dan ini karena kesamaan gender,” kata dia.
Semangat Kartini telah menginsipirasi perempuan. Betapa berharganya perjuangan Kartini.
“Saya bayangkan jika tidak ada Kartini. Mungkin ibu-ibu tidak duduk bahagia seperti sekarang,” ujar dia.
Laki-laki yang identik dengan kumis hitamnya ini menambahkan, semangat Kartini sudah sewajarnya terus dikenang dan diteladani.
“Kita sadari betul perjuangan Kartini sangat berat dan hasilnya dapat kita rasakan bersama,” tandasnya.(glh/yy)