WISATA

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1215, Gelar Senan Bersama Forkopimda

Kediri, demonstran.com – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Kediri melakukan senam sehat di area Taman Hijau kawasan Simpang Lima Gumul, Jumat (15/3/2019) pagi. Selain senam bersama juga dilakukan penandatanganan kesepakatan aksi peduli sampah dan juga pemberantasan sarang nyamuk.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kediri, H. Masykuri, Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal Saiful Fathon, S.IK, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri, Subroto, perwakilan Kodim 0809 Kediri, jajaran SKPD Kabupaten Kediri, dan juga tamu undangan sebanyak kurang lebih 2000 peserta.

Wakil Bupati Kediri, H. Masykuri saat dikonfirmasi menjelaskan, dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kediri Ke 1215 Forkopimda melakukan senam bersama. Selain itu, juga melakukan kegiatan peduli sampah, dan pemberantasan sarang nyamuk.

“Dengan senam, peduli sampah, peduli kebersihan diharapkan masyarakat nantinya bisa peduli dan membersihkan sampah. Tidak ada obat yang mujarab untuk mencegah deman berdarah selain dengan kebersihan, “jelasnya.

Menurutnya, secara teknis Pemda sudah melakukan pemilahan sampah. Untuk sampah organik dijadikan kompos dan non organik diserahkan pengelola untuk didaur ulang.

Sementara itu Kepala DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kabupaten Kediri Putut Agung subekti mengatakan, persoalan sampah merupakan PR bersama.

“Dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Kediri ini kami menghimbau kepada masyakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat. Mari kita jadikan Kediri bersih, Kediri sehat, dan Kediri bebas sampah, “ungkapnya di sela acara.

Selain tentang sampah, saat ini wabah deman berdarah juga sedang menghantui masyarakat Kabupaten Kediri, Wakil Bupati H. Masykuri juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan gerakan 3M (Menguras, Mengubur, dan Menutup) tempat tempat yang menjadi genangan air.

“Kita sudah mensosialisasikan ke semua jajaran di Kab Kediri untuk melakukan hal tersebut. Dan juga untuk kebersihan sampah setiap pegawai dianjurkan untuk membawa tas sendiri, serta kedepannya kita akan melakukan gerakan untuk menghindari sampah plastik, “pungkasnya.(yy/tim)